Connect with us

BOGOR

Jokowi-Li Tanam Pohon Kamper di Bogor

Published

on

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menanam pohon kamper atau "Dryobalanops Lanceolata" di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5/2018).

Apakabarnews.com, Bogor – Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang menanam pohon kamper atau “Dryobalanops Lanceolata” di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/5/2018).

Jokowi dan Li menanam pohon kamper sebagai tanda persahabatan kedua negara yang semakin tumbuh dan berkembang.

Jokowi Bangga! 2 Pendaki Wanita Indonesia Tuntas Mendaki 7 Puncak Dunia

Sebelumnya Jokowi dan Li, usai melakukan upacara penyambutan kenegaraan, melihat-lihat sekilas halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor melalui beranda istana.

Sesudahnya, keduanya berjalan ke taman di istana itu dan menanam pohon kamper.

Hal menarik terjadi ketika penyiraman pohon dengan air yang ada di ember berwarna hijau. Usai menanam dengan beberapa cangkul tanah dan menyiram pohon menggunakan gayung air, Jokowi mengajak Li mencuci tangan.

Namun melihat air di dalam ember yang masih terisi setengah, PM Li mengajak Presiden Jokowi untuk menyiramkan semua air yang ada di ember.

PM Li mengangkat ember hijau itu dibantu oleh Presiden Jokowi dan keduanya menyiramkan air bersama langsung dari wadahnya dan disambut tawa.

Usai melakukan penyiraman, keduanya berjabat tangan dan melempat senyum kepada media.

Acara selanjutnya yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan PM Li yaitu pertemuan bilateral bersama delegasi dan Pemerintah Indonesia di salah satu ruangan Istana Bogor.

Menurut data dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, pohon kamper adalah jenis tumbuhan tergolong dalam famili Dipterocarpaceae.

Kayu tanaman itu memiliki sifat kelas kuat II-(I) dan kelas awet III yang dapat dimanfaatkan untuk membuat perahu, serta tiang konstruksi atap bangunan rumah.

Kayu kamper juga memiliki nilai ekonomis lain yaitu sebagai bahan kapur barus dan getahnya juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan medis dan kosmetik serta bahan kapur barus.

Penyebaran tumbuhan langka itu berada di Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan.

Dengan manfaat yang begitu banyak dari pohon kamper, penanaman itu sepertinya menyimbolkan harapan kedua pemerintahan agar hubungan yang tumbuh pun semakin kuat dan saling menguntungkan di berbagai sektor kerja sama. (bay)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

BOGOR

Sri Mulyani Umumkan Percepatan Restitusi Pajak

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Apakabarnews.com, Bogor – Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam kunjungannya ke PT Samick Indonesia, Bogor, Selasa, mengumumkan fasilitas percepatan restitusi atau kelebihan pembayaran pajak kepada eksportir.

“Restitusi pajak untuk para eksportir bisa sampai lebih dari satu tahun. Sekarang kami akan melakukan dalam waktu satu bulan,” kata mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo sempat memberikan kritik kepada Kementerian Keuangan mengenai restitusi yang membuat frustrasi pengusaha.

Fasilitas percepatan restitusi pajak diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi atas peraturan kepabeanan (reputable traders).

Perusahaan yang termasuk dalam kategori “reputable traders” adalah pengusaha mitra utama (MITA) kepabeanan dan operator ekonomi yang diakui (authorized economic operator/AEO) sebagai bentuk sinergi antara Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Direktur Teknis Kepabeanan DJBC, Fadjar Donny, mengatakan jumlah perusahaan MITA Kepabeanan per 23 Maret 2018 adalah sebanyak 301 perusahaan.

Sementara jumlah perusahaan AEO per 23 Maret 2018 adalah 75 perusahaan dengan 80 sertifikat karena ada perusahaan yang mendapatkan sertifikat AEO lebih dari satu. (rcb)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BOGOR

Menkeu : Pengembangan PLB Untungkan Indonesia

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Apakabarnews.com, Bogor – Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap pengembangan pusat logistik berikat (PLB) menjadi delapan jenis mampu menguntungkan Indonesia.

“Pengembangan PLB ini diharapkan opsi pusat logistik di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia akan pindah ke Indonesia, dan memang sudah ada yang pindah ke sini,” kata Sri Mulyani dalam kunjungan kerja di PT Samick Indonesia, Bogor, Selasa.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu akan menjamin bahwa mereka yang pindah ke Indonesia akan mendapatkan fasilitas yang sama atau lebih baik dari negara tetangga.

Kementerian Keuangan mengembangkan delapan jenis PLB untuk mengantisipasi perubahan bisnis dan industri di dunia.

“PLB yang selama ini hanya dipakai untuk logistik bahan baku dan barang modal, kami kembangkan menjadi delapan jenis,” kata Sri Mulyani.

Salah satu pengembangan PLB yaitu PLB industri kecil menengah (IKM) untuk memudahkan mereka yang selama ini tergantung pada eksportir borongan dimudahkan.

Pengembangan PLB berikutnya meliputi perdagangan elektronik (e-commerce), barang jadi, barang pokok, “floating storage”, hub kargo udara, bursa komoditas, dan industri besar.

Sri Mulyani mengatakan pengembangan PLB didasarkan pada hasil kajian di mana PLB perlu disiapkan untuk mengantisipasi tren perdagangan elektronik dan digital ekonomi.

Selain itu, pengembangan PLB juga diharapkan mampu memperbaiki skor kemudahan berusaha (ease of doing business) Indonesia terutama dari sisi indeks kinerja logistik. (rcb)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BOGOR

Kapolresta Bogor : Penembak Kader Gerindra Briptu AR Belum Bisa Diajak Bicara

Published

on

Kondisi Briptu AR sesaat setelah menembak kader Partai Gerindra, Fernando Wowor hingga tewas di tempat.

Apakabarnews.com, Jakarta – Kasus penambakan kader partai Gerindra di depan Ruko Tiara, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur masih menunggu keterangan saksi mahkota yaitu anggota Brimob Kelapa Dua Briptu AR. Sementara diketahui adanya lima Laporan (LP) pasca kejadian penembakan tersebut dari pihak kader partai Gerindra dan pihak Briptu AR.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Polisi Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pihaknya masih menunggu keterangan briptu AR, karena hingga saat ini AR belum bisa diajak berbicara.

“Di kepala AR ada cairan darah, di otaknya. Tangannya juga patah”

“Dia masih dirawat, masih sampai saat ini. Masih berjalan kasus, kami menunggu keterangan AR,” ungkap pada Minggu (18/2/2018).

BACA JUGA : Pertanyaan Indonesia Police Watch (IPW) soal Misteri Sang Penembak Kader Partai Gerindra

Ulung melanjutkan, briptu AR saat ini dalam penjagaan ketat aparat Kepolisian di rumah sakit Polri Kramatjati.

“Kami tidak melakukan penjagaan, di sana Brimob yang berjaga. Kami menunggu AR bisa berbicara,” tambahnya.

Ulung melanjutkan, beberapa waktu lalu kondisi AR sempat drop, karena luka yang parah membuat kondisinya kritis. Luka didapat AR karena dipukuli oleh rekan-rekan korban Fernado Wowor.

“Di kepala AR ada cairan darah, di otaknya. Tangannya juga patah,” jelasnya.

Ulung mengakui, mendapat deadline waktu, tetapi kondisi saat ini pihaknya tidak bisa memaksa untuk mempercepat proses. Karena untuk pemeriksaan Kepolisian, yang bersangkutan harus dalam keadaan sehat.

“Meski begitu kami akan tuntaskan kasus ini. Untuk lima LP menunggu keterangan saksi-saksi, ini yang diperlukan saksi kunci. Siapa yang menembak belum tahu, versi rekan Fernando kan AR yang menembak. Tapi kan versi pihak AR, kondisi dalam berebut senjata,” terangnya.

Ulung mengatakan, pemanggilan saksi-saksi sudah dilakukan, intinya lima LP termasuk pemukulan terhadap calon istri briptu AR tetap diproses.

“Kami sudah siap semua, menunggu AR. Yang cewek juga kan kepukul dan laporan, ya kami proses. Dari informasi reskrim sudah semua dipanggil,” pungkasnya, seperti dikutip Inilahkoran.

Seperti diketahui, penembakan terjadi saat Briptu AR terlibat keributan dengan kader Partai Gerindra Fernando Wowor dan sejumlah rekannya di parkiran Tiara, Kelurahan Suksari pada Sabtu (20/1), sekira pukul 02.00 WIB.

Fernando tewas dalam kejadian tersebut saat perjalan ke RS Vania. Sementara Briptu AR dikeroyok rekan Fernando usai kejadian senjata api milik AR meletus. (ini)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending