Connect with us

DIGITAL

Darmin Pastikan Sistem Online Single Submission Siap Diluncurkan 21 Mei

Published

on

Darmin Nasution memastikan kesiapan sistem perizinan Online Single Submission yang akan diluncurkan pemerintah untuk mempermudah kemudahan berusaha.

Apakabarnews.com, akarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memastikan kesiapan sistem perizinan terpadu (Online Single Submission) yang akan diluncurkan pemerintah untuk mempermudah kemudahan berusaha di Indonesia.

“Reform-nya, sistemnya maupun organisasinya sudah selesai. Kita siap untuk diluncurkan,” kata Darmin seusai mengikuti sidang kabinet paripurna membahas persiapan peluncuran OSS di Jakarta, Rabu.

Darmin menegaskan peluncuran sistem perizinan terpadu ini akan mempermudah investor dalam memperoleh izin usaha, karena seluruh proses pengajuan izin mulai tingkat pusat hingga daerah dapat dilakukan melalui sistem ini.

Ia mengatakan investor baik investor individu maupun perseroan hanya perlu membawa akte notaris perusahaan untuk memperoleh izin usaha ke BKPM atau pemerintah daerah dan sebagai syarat untuk tercatat dalam sistem OSS.

“Kita nanti siapkan sistemnya untuk di-entry, informasi yang ada di akte itu. Kemudian beberapa informasi tambahan juga diminta seperti berapa banyak investasinya dan dimana. Sistem nantinya otomatis akan mengesahkan perusahaan itu,” katanya.

Setelah itu, sistem OSS akan memberikan nomor identitas perusahaan dan investor sudah bisa memulai usaha, sambil mengurus izin-izin lainnya yang diperlukan dalam batas waktu tertentu seperti izin mendirikan bangunan atau izin lingkungan.

Dalam sistem ini, tambah Darmin, investor juga dengan mudah memperoleh informasi mengenai insentif perpajakan yang bisa diperoleh dari pemerintah untuk memudahkan dalam menjalankan bisnis, seperti “tax holiday” atau “tax allowance”.

“Termasuk insentif itu akan diberitahu, misalnya insentif fiskal tax holiday atau tax allowance, dia akan tahu melalui sistem, dia dapat atau tidak? Kalau dia dapat, tidak perlu lagi mengurus kemana-mana,” kata Darmin.

Darmin memastikan pelaksanaan sistem OSS akan didukung sepenuhnya oleh Satgas Percepatan Berusaha yang berada di pusat dan daerah untuk mengatasi persoalan yang masih mengganjal dari pengajuan izin elektronik ini.

“Melalui sistem ini kita tahu, izin sudah keluar atau belum. Kalau belum, kementerian terkait atau pemerintah daerah yang bertanggung jawab harus mengecek dan apa yang harus dilakukan supaya selesai, agar pengusaha itu tidak harus pusing,” katanya.

Menurut rencana, sistem perizinan terintegrasi untuk memperbaiki iklim kemudahan berusaha ini akan diluncurkan pada 21 Mei 2018. (sat)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

DIGITAL

Facebook Messenger Tambah Fitur Bertema Piala Dunia

Published

on

Tampilan fitur-fitur baru yang akan ditambahkan Facebook ke aplikasi Messenger, baik di platform Android maupun iOS.

Apakabarnews.com, Jakarta – Facebook baru saja mengumumkan bahwa dalam perayaan Piala Duna 2018, Facebook akan menambahkan konten baru ke aplikasi Messenger, baik di platform Android maupun iOS.

Fitur-fitur baru akan tersedia dengan pembaruan berikutnya yang segera dirilis di Play Store dan App Store.

Dilansir dari Phone Arena, Facebook Messenger akan mendapatkan game bertema Piala Dunia, serta filter bertema Piala Dunia yang dapat digunakan dalam obrolan.

Ada pula fitur pemberitahuan di mana sehari sebelum turnamen pengguna akan mendapat pesan animasi pada News Feed Facebook berupa undangan untuk bergabung dengan fandom tim favorit mereka.

Selain itu, animasi baru juga akan ditambahkan yang dapat digunakan untuk merayakan tim favorit menggunakan frasa yang sudah disediakan di News Feed.

Sebagian besar dari animasi ini akan secara otomatis diaktifkan saat memposting atau berkomentar dengan frasa yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu, baik apllikasi Facebook dan Messenger Camera akan memungkinkan pengguna untuk menggunakan efek bertema Piala Dunia, serta efek realitas tertambah (AR).

Misalnya, Anda dapat mengambil foto dengan cat wajah atau wig bendera tim favorit Anda untuk diparken dalam fandom.

Saat mengetuk efek yang tersedia di Facebook dan Messenger juga akan memungkinkan pengguna menemukan stiker AR para pemain yang hadir di Piala Dunia 2018. (ant)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Waspadai Pembajakan Siber, Jangan Mengecas Ponsel Sembarangan

Published

on

Pemerhati Teknologi Informasi Yudhi Kukuh mengingatkan pemudik untuk tidak mengecas atau mengisi daya listrik telepon seluler dan perangkat lain di sembarang tempat untuk mencegah pembajakan siber.

Apakabarnews.com, Jakarta – Pemerhati Teknologi Informasi Yudhi Kukuh mengingatkan pemudik untuk tidak mengecas atau mengisi daya listrik telepon seluler dan perangkat lain di sembarang tempat untuk mencegah pembajakan siber.

“Tempat umum yang terlihat aman, bisa jadi berisiko pembajakan,” ujar Yudhi di Jakarta, Selasa (12/6/2018).

Dia menambahkan pembajakan siber terus berkembang seiring perubahan zaman. Pada masa lampau pembajakan, harus dilakukan melalui layanan internet. Tetapi saat ini, hal tersebut bisa dilakukan melalui tempat isi ulang baterai ponsel. Artinya tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, tempat istirahat, rumah makan dan lainnya berpotensi menjadi tempat peretasan.

Yudhi menjelaskan teknik peretasan terbaru yang dikenal dengan “juice jacking” menjadi ancaman baru karena teknik tersebut mampu meretas gadget melalui kabel data USB yang biasa digunakan untuk mengisi ulang.

“Penggunaan kabel yang sama, menjadi jalan bagi peretas untuk masuk dan mendapatkan akses ke ponsel selama proses pengisian,” kata Yudhi yang merupakan pakar dari Prosperita Mitra Indonesia tersebut.

Peretas memanfaatkan kabel data untuk mengakses data telepon atau menyuntikkan kode berbahaya ke perangkat. Pencurian data dengan metode tersebut menjadi ancaman terbesar bagi pengguna gawai setiap kali mengisi ulang baterai.

Oleh karena itu, Yudhi meminta agar pemudik yang sedang kehabisan baterai di jalan, agar berhati-hati setiap kali ingin mengisi ulang atau mengecas ponsel atau gadget yang dibawa.

Dia memberikan saran, bagi para pemudik untuk membiasakan mengisi baterai telepon di rumah dan kantor, membawa perangkat cadangan daya atau “power bank”, hindari pengisian ulang di tempat umum, hanya mengisi ulang dengan menggunakan kabel data milik sendiri.

“Pemilik ponsel harus mengunci telepon, jika telepon terkunci dan tidak dapat diakses maka bisa menghindari pembajakan siber. Namun perlu diingat bahwa peretasan berlangsung dalam hitungan detik, jadi pastikan ponsel harus benar-benar dalam keadaan terkunci,” cetus dia. (ind)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Facebook Luncurkan Memories, Tempat Temukan Momen Masa Lalu

Published

on

Facebook di perangkat Android dan iOS, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri semua momen yang sebelumnya mereka bagikan dengan keluarga dan teman.

Apakabarnews.com, Jakarta – Memories adalah fitur baru yang kini tersedia bagi pengguna Facebook di perangkat Android dan iOS, yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri semua momen yang sebelumnya mereka bagikan dengan keluarga dan teman.

“Hari ini, kami meluncurkan Memori, satu tempat di Facebook untuk merefleksikan momen-momen yang Anda bagikan dengan keluarga dan teman-teman, termasuk postingan dan foto, pertemanan yang Anda buat, dan acara besar dalam hidup,” ujar Oren Hod, Product Manager, dalam postingan situs newsroom Facebook, yang diunggah Senin (11/6/2018).

Setiap hari, lebih dari 90 juta orang menggunakan “On This Day” untuk mengenang momen-momen yang telah mereka bagikan di Facebook, dan penelitian menunjukkan bahwa refleksi semacam ini dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesejahteraan manusia.

“Inilah mengapa kami memperbarui pengalaman untuk memastikan semua kenangan Anda mudah ditemukan,” kata Oren Hod.

Laman Memories mencakup beberapa bagian,antara lain “On This Day,” yang menampilkan postingan Anda sebelumnya pada tanggal ini dan “Friends Made on This Day,” bagian yang akan menyertakan daftar teman yang Anda buat pada tanggal ini di masa lalu, termasuk video atau kolase khusus yang merayakan persahabatan Anda.

Ada pula “Recaps Memories,” bagian yang akan menampilkan rentetan kenangan musiman atau bulanan yang telah dipaketkan menjadi pesan atau video pendek dan “Memories You May Have Missed,” bagian yang akan menampilkan postingan-postingan yang mungkin Anda lewatkan pekan lalu karena belum memeriksa Memories.

“Kami tahu bahwa kenangan itu sangat pribadi — dan itu tidak semuanya positif. Kami mencoba mendengarkan umpan balik dan merancang fitur-fitur sehingga fitur-fitur ini bijaksana, dan menawarkan kepada orang-orang kontrol yang tepat yang mudah diakses,” ujar Oren Hod.

Anda mengakesenya melalui penanda Memories di sebelah kiri News Feed di komputer Anda atau di tab “more” di kanan bawah aplikasi seluler Anda.

Anda juga dapat mengakses Memories melalui pemberitahuan, melalui pesan yang mungkin Anda lihat di News Feed Anda, dan dengan mengunjungi facebook.com/memories. (ari)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending