Connect with us

JAMBI

Stok Beras Lebih dari Cukup, Panen Raya Jambi Melebihi Target

Published

on

Dengan panen raya, stok beras di Jambi lebih dari cukup, dan tidak perlu lagi adanya impor beras.

Indonesiaraya.co.id, Jambi – Petani Desa Pulau Jelmu, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, mampu menghasilkan gabah kering sebanyak 7,5 ton per hektare setelah mereka melakukan panen raya.

“Alhamdulillah untuk panen raya kali ini melebihi target yang sudah ditentukan, target semula satu hektarenya menghasilkan 7 ton tapi untuk panen kali ini satu hektarenya mencapai 7,5 ton per hektare,” kata Gubernur Jambi Zumi Zola di Tebo, Rabu (17/1/2018).

Zola yang menghadiri Gerakan Panen Raya Padi Sawah di Desa Pulau Jelmu itu, mengatakan program yang berkaitan dengan peningkatan hasil pangan, baik pertanian, peternakan maupun perikanan selalu menjadi program prioritas Pemprov Jambi.

Zola menegaskan pemerintahannya terus berupaya meningkatkan produktivitas hasil panen tanaman komoditi pangan di wilayahnya.

Bupati Tebo Sukandar sudah menyampaikan bahwa secara keseluruhan Kabupaten Tebo surplus padi, jagung dan kedelai.

Hal ini, menurut dia, menandakan hasil tersebut telah melebihi kebutuhan dasar masyarakat Tebo sendiri, bahkan bisa membantu daerah lain.

“Capaian surplus ini tentu tidak bisa diraih oleh bupati dan wakil bupati saja, tentu ada dukungan dari semua pihak dan yang paling penting adalah dukungan dari masyarakat Tebo sendiri,” kata Zola.

Zola mengapresiasi atas komitmen masyarakat Tebo dalam membantu pemprov untuk memenuhi kebutuhan pangan di Jambi, terutama kepada masyarakat yang telah mengubah lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian pangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Jambi, Akhmad Mausul mengatakan panen raya yang dilakukan di Desa Pulau Jelmu, Kabupaten Tebo itu merupakan Gabung Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Makmur dengan luas hamparan padi sawah 70 hektare dengan varietas benih inpari 3.

“Hasil panen kali ini berdasarkan hasil ubinan bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tebo dan Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Tebo. Rata rata hasil gabah mencapai 7,5 ton per hektarenya,” kata Mausul.

Dikatakannya, bulan Januari hingga Maret 2018 merupakan bulan panen raya padi sawah di hampir seluruh wilayah Jambi.

“Dengan adanya gerakan panen raya ini diharapkan stok beras lebih dari cukup khususnya di Provinsi Jambi, dan tidak perlu lagi adanya impor beras,” katanya.

Mausul menambahkan, upaya peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan akan terus dilaksanakan dengan menyinergikan program dan kegiatan yang ada di kabupaten/kota dan provinsi, dengan didukung sarana dan prasarana serta teknologi spesifikasi lokasi. (sip)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUKUM

Polda Jambi Amankan Delapan Kilogram Sabu

Published

on

Kapolda Jambi, Irjen Pol, Muchlis AS.

Apakabarnews.com, Jambi – Anggota Diresnarkoba Polda Jambi berhasil menangkap seorang kurir narkoba jaringan internasional dari Aceh menuju Jambi dengan barang bukti delapan kilogram sabu-sabu senilai Rp16 miliar dengan modus disimpan dalam ban serap mobil. Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS di Jambi Selasa (17/9/2018).

mengatakan tersangka Rohim (53) warga Jelutung, Kota Jambi ditangkap di depan jalan Lintas Timur Sumatera KM 32 tepatnya di depan markas Polres Muarojambi saat mobil jenis pickup nya melintas dan diperiksa petugas.

Kejadian itu terjadi pada Jumat lalu dimana anggota Diresnarkoba Polda Jambi mendapatkan informasi akan ada melintas kendaraan roda empat yang membawa sabu dari Aceh menuju Jambi dalam jumlah besar. “Anggota kemudian menggelar razia di depan Mapolres Muarojambi dengan memeriksa seluruh barang yang diangkut kendaraan mobil yang melintasi jalan lintas timur Sumatera tersebut,” kata Muchlis AS.

Saat melintas mobil yang dikendarai Rohim dan diperiksa petugas, dicurigai membawa narkoba jenis sabu dan setelah diperiksa dengan menggunakan anjing pelacak, ditemukan didalam ban serap ada delapan bungkus sabu-sabu asal Tiongkok dari Aceh dengan tujuan Jambi. Muchlis mengatakan, saat dibongkar dari ban serap tersebut ditemukan delapan bungkus sabu yang dikemas khusus dan tersangka langsung diamankan ke Mapolda guna dikembangkan kasusnya. Pengakuan dari tersangka dirinya diperintahkan oleh seorang bandar narkoba pemain lama di Kota Jambi dengan membawa sabu dalam jumlah besar delapan kilogram dengan bayaran Rp10 juta guna mengangkut narkoba tersebut.

Kasus itu kini sedang dikembangkan penyidik polda dengan mengejar pemilik atau pemesan sabu asal Jambi yang sudah menjadi target kepolisian dalam untuk kasus narkoba. Kapolda Jambi, Muchlis AS mengatakan dengan berhasilnya diamankannya delapan kilogram sabu sabu tersebut, ada sebanyak 80 ribu orang generasi muda di Jambi terselamatkan dari bahaya narkoba. Untuk tersangka dalam kasus ini dikenakan pasal 112 ayat 2 UU Nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara dan denda Rp1 miliar. (nan)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JAMBI

SKK Migas-PetroChina Gelar Aksi Bersih Lingkungan Kurangi Sampah Plastik

Published

on

Aksi Bersih Lingkungan Kurangi Sampah Plastik untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup 2018.

Apakabarnews.com, Jambi – SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd. bersama masyarakat di sekitar perusahaan menggelar sosialisasi tentang Beat Plastic Pollution dan Aksi Bersih Lingkungan Kurangi Sampah Plastik untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup 2018. Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini dilaksanakan pada tanggal 06 September 2018. Aksi bersih lingkungan kurangi sampah plastik tersebut dilakukan dari Lokasi NGF hingga Geragai Admin Building PetroChina di Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tabjabtim)

Kegiatan yang diikuti sekitar 250 orang dari karyawan SKK Migas – PetroChina dan masyarakat dari sejumlah desa di Kecamatan Geragai Kab. Tanjabtim itu menyisir jalan di wilayah kerja PetroChina yang berdampingan dengan wilayah masyarakat dengan membersihkan sampah di sepanjang jalan dan selokan, terutama sampah plastik.

Bergabung pula pada kegiatan itu Field Manager PetroChina Jabung Ltd Arif Hari Suseno, Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Indra Jaya, Camat Geragai Suwandi beserta Isteri, Ketua Panitia Kegiatan Aksi Bersih Lingkungan dr Frans Henny serta tokoh masyarakat di daerah itu.

Para peserta kegiatan aksi bersih lingkungan itu mengenakan seragam kaos hijau berlogo SKKMigas PetroChina dengan tema hari lingkungan hidup 2018 “Beat Plastic Pollution – Kendalikan Sampah Plastik” dan masing-masing dilengkapi dengan alat untuk memungut sampah dan alat lainnya yang bisa digunakan untuk menyisir sampah plastik di sepanjang dua kilometer jalan di kawasan perusahaan tersebut.

Rentetan kegiatan hari lingkungan hidup berfokus pada sosialisasi masyarakat di sekitar perusahaan untuk sama-sama ramah lingkungan dan bisa mengelola sampah dengan baik, terutama mengurangi sampah plastik. Target dari kegiatan itu, menunjukkan kepedulian kepada lingkungan di sekitar perusahaan juga mengajak masyarakat untuk tetap semangat menjaga lingkungan masing-masing, serta ikut meminimalisasi sampah plastik ” kata Field Manager PetroChina Jabung Ltd Arif Hari Suseno didampingi Ketua Panitia Pelaksana Bakti Sosial dr Frans Henny.

“Sampah plastik menjadi salah satu problem yang dihadapi saat ini, maka kami berupaya mengurangi sampah plastik di lingkungan perusahaan dengan cara memanfaatkan drum plastik menjadi tong sampah dan kami juga mensosialisasikan gerakan ini kepada masyarakat di sini dan kita harus berani menanamkan sikap dalam diri kita untuk terus berperan aktif menjaga lingkungan sekitar kita terutama terkait pengelolaan sampah plastik. Jika anda tidak dapat menggunakan kambali maka tolaklah “If you can reduce it, refuse it” kata Arif Hari Suseno.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Panitia dr Frans Henny yang menyebutkan kegiatan itu akan dilakukan secara berkesinambungan. Pada kegiatan tersebut mengusung tema “Kendalikan Sampah Plastik”, sebagai komitmen bersama untuk mengatasi bahaya sampah plastik. Menurut beliau, masyarakat saat ini harus menjadi bagian dari agen perubahan dengan menggunakan kantong plastik dengan bijak dan juga bisa mengelola sampah dengan baik dari lingkungan keluarga atau lingkungan kerja masing-masing.

“Tema ini mengandung arti motivasi kerja dari seluruh pihak untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan mendorong daur ulang plastik. Khusus di lingkungan PetroChina mengupayakan penggunaan ‘tumbler’ sebagai pengganti botol kemasan plastik,” kata dr. Frans Henny.

DLH Provinsi Jambi dalam hal ini Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Indra Jaya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd yang melibatkan masyarakat sekitar untuk peduli terhadap sampah plastik.

Dalam kegiatan yang berlangsung sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB tersebut, top manajemen, karyawan, instansi pemerintah dan masyarakat bahu membahu menyisir sampah di kawasan tersebut, termasuk di beberapa selokan yang dipadati sampah plastik bekas kemasan air mineral.

Khusus untuk mendukung program lingkungan, baik Arif Hari Suseno maupun dr. Frans Henny menyebutkan perusahaan itu memiliki program berkelanjutan tak hanya dalam mengatasi sampah tapi juga program lingkungan lainnya. Termasuk yang digelar beberapa waktu lalu berupa penanaman pohon di hutan kota Muarasabak Tanjung Jabung Timur. (ant)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JAMBI

Hingga Hari Ketiga, Para Penambang yang Terjebak di Jambi Belum Bisa Dievakuasi

Published

on

Tim SAR melakukan penyedotan air menggunakan mesin pompa air di lokasi korban tertimbun longsor.

Apakabarnews.com, Jambi – Tim SAR belum berhasil mengevakuasi tujuh penambang emas ilegal yang terjebak dalam lubang galian mereka di Desa Parit Tanjung, Kabupaten Merangin, Jambi, pada hari ketiga upaya pertolongan, Selasa (4/9/2018).

“Tim SAR melakukan penyedotan air menggunakan mesin pompa air di lokasi korban tertimbun lonsor, namun debit air yang semakin meningkat menyebabkan penyedotan air tidak efektif,” kata Kepala Kantor Provinsi Jambi Ibnu Harris Al Hussain ketika dihubungi Antara, Selasa (4/9/2018).

Ia menambahkan, “Akses menuju lokasi hanya dapat ditembus lewat jalur air, sehingga mobilisasi peralatan sangat sulit. Alat berat tidak dapat masuk lokasi.”

Operasi SAR untuk menyelamatkan para penambang yang sejak Minggu (2/9/2018) terjebak di dalam lubang galian mereka, menurut dia, akan dievaluasi pada Rabu (5/9/2018).

Tim yang terlibat dalam operasi evakuasi penambang emas itu meliputi Tim Rescue Pos SAR Bungo (sembilan orang), Badan Penanggulangan Bencana Daerah Merangin (dua orang), Brimob Den B Bangko (15 orang), Polres Merangin (15 orang), Kodim 0420/Sarko (15 orang) dan warga sekitar.

Para penambang di Desa Parit Tanjung yang terjebak dalam lubang galian itu mencari emas dengan membuat lubang galian berkedalaman 30 sampai 50 meter yang disebut lubang jarum oleh warga setempat.

Untuk membuat lubang jarum, umumnya para penambang pertama menggali vertikal kemudian membuat lubang horizontal yang mengarah ke bawah Sungai Merangin.

Ibnu Harris Al Hussain mengatakan berdasarkan laporan awal, ada tujuh penambang yang terjebak di lubang galian sejak Minggu (2/9/2018). (tra)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending