Connect with us

LAMPUNG

Aktivis Mahasiswa Era 1980-1990 Gelar Temu Kangen

Published

on

Aktivis ’80 – ’90-an Gelar Temu Kangen di Galery Cipta 2 TIM.

Apakabarnews.com, Jakarta – Kalangan aktivis mahasiswa era 1980-1990an, termasuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, akan menggelar forum temu kangen di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada Jumat (2/3/2018) malam.

Ketua Panitia Pengarah Temu Kangen Aktivis Mahasiswa Era 1980-1990an Syahganda Nainggolan di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa acara itu digagas oleh dirinya bersama Brotoseno yang pada 1980-an menjabat Ketua Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta (FKMY).

Sejumlah mantan aktivis mahasiswa yang pada tanggal 14-15 Januari lalu di Yogyakarta memperingati Peristiwa Malapetaka 15 Januari (Malari) 1974 juga menjadi penggagas forum temu kangen itu.

Syahganda mengatakan ketika rencana dan persiapan acara itu disampaikan kepada Anies Baswedan, langsung mendapat dukungan yang sangat baik.

Apalagi Anies juga dikenal sebagai tokoh yang memiliki latar belakang sebagai aktivis saat masih pelajar dan mahasiswa.

Saat masih bersekolah di SMP Negeri 5 Yogyakarta, Anies pernah menjadi pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan saat menjadi pelajar di SMA Negeri 2 Yogyakarta, selain menjadi Wakil Ketua OSIS di sekolah itu, Anies juga terpilih menjadi Ketua OSIS se-Indonesia pada tahun 1985.

Sementara saat kuliah di Fakultas Ekonomi UGM Yogyakarta, selain aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Anies juga terpilih menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa UGM pada 1992. Selain itu membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa.

Acara forum temu kangen bertema “Menuju Indonesia Berkeadilan Sosial” itu dipersembahkan untuk kehidupan bangsa secara nasional.

Rangkaian acaranya antara lain pidato dari para mantan aktivis mahasiswa termasuk dari Anies, pembacaan puisi, pemutaran video gerakan perjuangan mahasiswa, pemberian hadiah peserta lomba, penganugerahan penghargaan kepada mantan aktivis mahasiswa, pergelaran tarian tradisional dari Aceh, Jawa, dan Papua.

Selain itu akan disampaikan deklarasi para aktivis mahasiswa era 1980-1990an guna menyikapi kondisi bangsa di Tanah Air.

Forum temu kangen aktivis mahasiswa itu juga akan menghadirkan mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia Hariman Siregar yang pernah menjadi tokoh sentral dari aktivis mahasiswa dalam Peristiwa Malari 1974.

Peristiwa Malari adalah aksi besar-besaran mahasiswa menentang kedatangan Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka hingga terjadi kerusuhan sosial saat itu.

Selain Hariman Siregar, akan hadir mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia 1986-1988 Erwin Moeslimin Singajuru yang pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada 2009-2014.

Sejumlah aktivis 1998 seperti Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (pernah di Senat Mahasiswa UI dan pendiri Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia), Andi Arief (mantan Staf Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Bidang Bantuan Sosial dan Bencana), dan Ferry D Juliantono (Wakil Ketua Umum Partai Gerindra) juga akan hadir, bersama mantan aktivis mahasiswa lain dari berbagai daerah.

Syahganda mengatakan jalan ideologi aktivis 1980-an dan 1990-an adalah perjuangan merebut keadilan sosial dan menentang kebijakan represif rezim Orde Baru.

Mereka pada masanya sering membela kasus-kasus petani, seperti Badega, Kedungombo, Jatiwangi, Cijayanti, Rancamaya, dan banyak kasus sengketa tanah lain yang merugikan rakyat kecil.

Syahganda yang pernah menjadi tokoh utama pergerakan mahasiswa era 1980-an berharap temu kangen ini bisa membangun kembali semangat mewujudkan keadilan sosial secara menyeluruh. (bud)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAMPUNG

PDIP : Ada Politik Uang di Pilkada Lampung

Published

on

Ketua DPP PDIP, Idham Samawi.

Apakabarnews.com, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduga ada “money politics” atau politik uang dalam pelaksanaan pilkada di Lampung yang terjadi secara sistematis dan terstruktur. “Tidak hanya praktik ‘money politic’ yang terjadi secara luar biasa, terstruktur, sangat sistematis dan menyebar di tengah masyarakat secara massif,” kata Ketua DPP PDIP Idham Samawi dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/7/2018). Idham juga menengarai kekuatan kapital yang muncul dan digerakkan korporasi raksasa berada di balik situasi tersebut. Hal itu demokrasi demi ambisi mengontrol tanah dan menghisap kekayaan Lampung.

“Hanya kekuatan mahasiswa yang berdiri objektif dan dengan nuraninya melawan dominasi korporasi tersebut. Mahasiswa tidak mau demokrasi di bunuh, suara rakyat dibungkam,” katanya. Aparat serta Bawaslu, kata Idham, terkesan membiarkan terjadinya “money politics”. “Dari PDI Perjuangan sudah melaporkan pelanggaran di lebih 16 kasus, belum yang lain,” tegas Idham.

Adapun berdasarkan data yang dimiliki PDIP, dugaan politik uang terjadi di Pekon Kresnomulyo Kabupaten Pringsewu, Desa Cimanuk Kabupaten Pesawaran, Pekon Sinar Betung dan Pekon Singosari Kabupaten Tanggamus.

Idham mengatakan, masyarakat melaporkan pemberian ratusan amplop yang masing-masing berisi Rp50 ribu.

“Masih banyak lagi ‘money politics’ di masyarakat yang tidak dilaporkan dan penyelenggara pemilu tahu dan membiarkan. Hal ini menunjukkan bahwa institusi demokrasi yang berwenang ikut membiarkan merusak moral, harga diri dan martabat rakyat,” kata Endro Suswantoro Yahman, anggota DPR RI Dapil Lampung Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pun mengintruksikan seluruh jajarannya untuk terus bergerak dan memproses secara hukum pelanggaran yang terjadi di pilkada.

“Kemenangan ditentukan melalui rekapitulasi manual. Terus berjuang dan tegakkan demokrasi dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat,” ujarnya. (ful)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

LAMPUNG

Prabowo Subianto Silaturahmi di Lampung

Published

on

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Bandara Radin Inten II, Branti, Rabu (20/6/2018) dalam rangka silaturahim dan halalbihalal dengan kader partai dan tokoh masyarakat.

Apakabarnews.com, Bandralampung – Gubernur Lampung nonaktif Muhammad Ridho Ficardo menyambut kedatangan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto di Bandara Radin Inten II, Branti, Rabu (20/6/2018) malam dalam rangka silaturahim dan halalbihalal dengan kader partai dan tokoh masyarakat.

Partai Gerindra adalah salah satu partai koalisi pengusung Calon Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan wakilnya Bachtiar Basri Menurut M Ridho Ficardo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung, kedatangan Prabowo Subianto adalah untuk menyapa dan memberi arahan kepada kader Gerindra Lampung.

Selain membahas Pemilihan Gubernur Lampung 2018, kedatangan Prabowo juga untuk membahas persiapan Pilpres dan Pemilu Legislatif pada 2019 mendatang.

Pada Pilgub Lampung 27 Juni 2018 terdapat empat pasangan calon, yaitu M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (petahana), Herman HN-Sutono, Arinal Djunaiidi-Chusnunia, dan Mustafa-Ahmad Jajuli. (bud)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

LAMPUNG

Menko Puan Tinjau Pelabuhan Merak-Bakauheni

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meninjau langsung kesiapan jalur mudik lebaran tahun 2018 di pelabuhan Merak dan Bakauheni .

Apakabarnews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meninjau langsung kesiapan jalur mudik lebaran tahun 2018 di pelabuhan Merak dan Bakauheni guna memantau kelancaran pelayanan pelaksanaan mudik.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (11/6/2018), Menko PMK menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga ketertiban berlalu lintas sehingga perjalanan mudik dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

“Dari hasil pemantauan, sampai saat ini perjalanan mudik masyarakat berjalan sangat kondusif, yang ditunjang oleh kesiapan aparat dan pelayanan”, ujar Puan.

Menko Puan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pos pelayanan yang disiapkan Pemerintah apabila membutuhkan bantuan.

Puan menerangkan bahwa kehadirannya bersama-sama rombongan sejak kemarin meninjau langsung jalur mudik, dari Jawa Timur hingga ke Bakauheni, Lampung adalah untuk memastikan seluruh layanan yang terkait mudik lebaran berjalan dengan baik, sekaligus menunjukkan komitmen pemerintah bahwa negara dan pemerintah hadir untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Pemerintah siap memberikan pelayanan yang optimal. Harapan kita semua, agar mudik dapat berjalan aman, lancar, dan nyaman,” tambah Puan.

Menko PMK juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas dari semua instansi yang telah bekerja dan melayani masyarakat di masa libur lebaran, serta berpesan agar selalu menjaga stamina dan kesehatan dalam menyiapkan antisipasi untuk menghadapi arus balik lebaran yang puncaknya diperkirakan pada 18 Juni 2018.

Menko PMK meninjau bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. (dit)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending