Connect with us

KALIMANTAN SELATAN

Kotabaru Tindaklanjuti Pembahasan Raperda Sanitasi

Published

on

DPRD Kabupaten Kotabaru, H Genta Kusan.

Apakabarnews.co.id, Kotabaru – Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Kotabaru melakukan kunjungan kerja sekaligus konsultasi ke Pemprov Kalimantan Selatan, guna menindaklanjuti pembahasan Raperda Sanitasi Permukiman yang kini masih “alot” dan belum bisa disahkan.

Ketua Pansus III DPRD Kabupaten Kotabaru, H Genta Kusan, Senin (5/3/2018) mengatakan, pihaknya melakukan banyak koordinasi dan konsultasi dengan pihak terkait, termasuk studi banding ke sejumlah daerah yang dinilai lebih dulu menerapkan sistem sanitasi yang benar.

“Tindak lanjut atas pembahasan raperda inisiatif ini, kami melaukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Kalsel di Banjarmasin/Banjarbaru, di ataranya Dinas Kesehatan, Biro Hukum dan BLHD,” kata H Genta Kusan.

Dikatakannya, dari sejumlah forum koordinasi dan konsultasi tersebut, pihaknya mengaku banyak masukan terhadap poin-poin yang akan menjadi draf atau rancangan dalam peraturan yang kini dibahas.

Namun, lanjut dia, banyak hal yang menjadi satu ketentuan dan pensyaratan yang harus dipenuhi sebelum rancangan peraturan ini disahkan menjadi peraturan, dan semua itu sepertinya relatif sulit untuk dipenuhi dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, politikus PAN ini mengungkapkan, masih terkait dengan pembahasan Raperda tentang Sanitasi Permukiman, sebelumnya dewan melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

H Gegen-sapaan akrab Genta Kusan, mengatakan, alasan Kota Palangkaraya menjadi tujuan studi kajian dalam Raperda ini karena daerah tersebut dinilai cukup berhasil dalam tata kelola sanitasi.

“Ada tiga lembaga yang menjadi tujuan studi kami (Pansus III), yakni Lingkungan Hidup, Dinas Perumahan dan Permukiman serta Bagian Hukum Sekretariat Kota Palangkaraya,” katanya.

Menurut dia, dari tinjauan secara fisik memang tidak dimungkiri, Kota Palangkaraya saat ini terlihat lebih tertata dan bagus, karena memang daerah itu telah menerapkan Perda tentang Sanitasi Permukiman.

Pantauan secara langsung, dalam penataan sanitasi permukiman yang terhubung dengan aliran drainase di sisi jalan, semua itu terintegrasi dengan instalasi pengolahan limbah.

Bagusnya lagi, lanjut politikus PAN ini, tata kelola limbah, ternyata terpisah dengan penanganan sampah, karena ada divisi lain yang menanganinya, yakni terpusat pada bank sampah.

H Gegen mengungkapkan, hal positif yang diketahui dalam tata kelola sanitasi permukiman ini, Palangkaraya juga telah memiliki mini lab yang diperuntukkan pengujian atas kandungan limbah terhadap virus tertentu yang lazim berkembang di lingkungan, seperti jenis virus e-coli dan lainnya.

Lebih lanjut, legislator yang juga sebagai anggota Komisi III DPRD Kotabaru ini mengungkapkan, kaitannya dengan Raperda inisiatif, salah satunya dimaksudkan sebagai payung hukum dalam melakukan penataan terhadap lingkungan setempat.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengantisipasi atau sebagai bentuk pencegahan atas wabah atau terjangkitnya penyakit yang bersumber dari tidak bagusnya sanitasi permukiman dan linkungan.

“Tujuan lain atas dibuatnya Perda tentang Sanitasi Permukiman ini adalah sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) dari penerapan peraturan tersebut,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dengan dibahasnya Raperda ini diharapkan sesuai dengan target bisa disahkan menjadi Perda, sehingga upaya penataan sanitasi permukiman di Kotabaru sudah bisa diterapkan sesuai dengan tujuan tersebut. (imh)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KALIMANTAN SELATAN

Belikan Istri Oleh-oleh, Sandiaga Janji Jadikan Pasar Batuah Martapura seperti Grand Bazaar Turki

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat mengunjungi pusat pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) atau pasar batuah Martapura, Sabtu (10/11/2018).

Apakabarnews.com, Martapura – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi pusat pertokoan Cahaya Bumi Selamat (CBS) atau pasar batuah Martapura, Sabtu (10/11/2018). Ini adalah salah satu pusat pertokoan yang Menjadi magnet para wisatawan asing dan lokal untuk membeli perhiasan atau pernak-pernik batu mulia di martapura. 

Sekitar 15 menit dirinya menyapa pendukung yang sudah menunggu di depan Toko Permata Pancar Indah Putera. Sandi ditemani pengurus organisasi pengusaha di Kalsel, diantaranya Kadin Kalsel dan HIPMI. 

BACA JUGA : Sandiaga Uno : Survey Internal, Kita Terus Mengejar

“Di sini adalah pusat  penghasil Berlian terbesar Dunia Produksinya 25.093 pe ton pertahun. Seharusnya ini adalah sumber kekuatan pemghasilan yang samgat menjanjikan untuk tidak hanya memakmurkan masyarakat Kalimantan Selatan,  tapi juga Indonesia,” terang Sandi. 

Sandi berjanji, jika dirinya bersama Prabowo Subianto terpilih sebagai presiden dan wakil presiden 2019, fokus pada pembangunan ekonomi dan menjadikan sentra – sentra UMKM sebagai denyut ekonomi masyarakat. Termasuk juga melakukan revitalisasi pasar. 

“Saya akan menjadikan pasar ini seperti grand bazaar di Turkey. Insha Allah. Pedagang mengeluhkan turunnya daya beli masyarakat. Tahun 2019, pesan kami jelas, yakni perubahan ekonomi,” terang Sandi. 

Sebelum meninggalkan pasar untuk sholat dzuhur di mesjik Al Karomah Martapura, Sandi menyempatkan membeli manik-manikndan tas tangan Kalimantan seharga Rp 250 ribu, namun Sandi memberikan Rp 500 ribu. “Jangan kebanyakan diskonnya, nanti rugi. Manik-manik ini saya belikan khusus untuk istri tercinta Nur Asia,” terang Sandi. (vin)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KALIMANTAN SELATAN

Sandiaga Uno : Survey Internal, Kita Terus Mengejar

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno dihadapan ratusan relawan Prabowo Subianto Sandiaga Salahudin (PASS), Kalimantan Selatan, Sabtu (10/11/2018).

Apakabarnews.com, Banjar Baru – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno dihadapan ratusan relawan Prabowo Subianto Sandiaga Salahudin (PASS)  di Hotel Dafam Banjar Baru, Kalimantan Selatan  Sabtu (10/11/2018), menyatakan, berkat kerja keras selama dua bulan ini, dari survey internal yang tidak pernah dirilis, angka kepemilihan nomor urut 03 terus menanjak. 

“Alhamdulillah atas kerja keras semua pihak kita sedikit demi sedikit mulai  mengejar dalam tingkat kepemilihan. Momentum ini harus terus dijaga. Masyarakat menerima pesan kita, 2019 ganti kebijakan ekonomi,” terang Sandi. 

BACA JUGA : Beli Gelang di Martapura, Sandi Ajak Makmurkan Para Pelaku UMKM

Dalam kesempatan itu Sandi juga meminta para relawannya terus bekerja keras untuk mengambil hati masyarakat. Ciptakan kampanye sejuk, kampanye berpelukan, dan kampanye yang menggembirakan. Dan sampaikan ekonomi 2019 akan menjadi lebih baik jika Prabowo Sandi terpilih. 

“Sampaikan  Prabowo Sandi fokus pada ekonomi dalam penciptaan  lapangan kerja, harga-harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau. Kami akan memutuskan untuk mendahulukan para pekerja dalam negeri ketimbang dari luar negeri. Kita akan maksimalkan ekonomi kerakyatan dengan gerakan  ekonomi rakyat (gerak) One Kabuapten/ Kota One Center for Entrepreneurship,” jelasnya lagi. (yug)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

KALIMANTAN SELATAN

Beli Gelang di Martapura, Sandi Ajak Makmurkan Para Pelaku UMKM

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat berziarah ke makam Ulama Kharismatik asal Kalimantan Selatan, Sabtu (10/11/2018). 

Apakabarnews.com, Martapura – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno memulai kunjungannya dengan berziarah ke makam Ulama Kharismatik asal Kalimantan  Selatan, Muhammad Zaini Abdul Ghani di Mushola Ar Raudhah Sekumpul, Martapura Kalimantan Selatan, Sabtu (10/11/2018). 

Usai  memanjatkan doa pada ulama yang biasa disebut Guru Sekumpul ini, Sandi mengunjungi para penjual suvenir di sekitar mushola tersebut. 

BACA JUGA : Sandiaga Uno : Waspada Genderuwo Ekonomi

“Wisata reliji ini menghidupkan para pelaku UMKM. Merekalah penggerak  ekonomi Indonesia sesungguhnya. Seperti yang kita lihat sekarang, masyarakat  di sekitar tempat ziarah ini begitu hidup. Ini yang menjadi fokus pengembangan ekonomi Prabowo Sandi ke depan, mensejahterakan para peaku ekonomi kecil dan menengah,” ucap mantan wakil gubernur DKI ini. 

Prabowo Sandi mengaku jika terpilih fokus pada penyedian dan penciptaan  lapangan kerja serta harga-harga yang stabil dan terjangkau. “Jika Allah mengijinkan, kami akan menyederhanakan rantai distribusi, transparan dan terbuka,” terang Sandi. 

Di salah satu toko yang dikunjung di area Mushola Ar Raudhah, Sandi membeli gelang khas martapura. “Saya mau beli ini. Gelang-gelangnya bagus. Saya juga mau ajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memakmurkan UMKM dengan membeli produk-produk dari para pelaku industri ini,” tutupnya. (yug)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending