Connect with us

SEKTOR RIIL

Airlangga Hartarto Dorong Industri MRO Dongkrak Daya Saing

Published

on

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Apakabarnews.com, Jakarta – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mendorong industri perawatan dan perbaikan pesawat atau Maintanance Repair and Overhaul (MRO) mendongkrak daya saingnya, mengingat Indonesia memiliki peluang yang besar di sektor ini.

“Seperti arahan Bapak Presiden Joko Widodo, industri perawatan pesawat ini sangat penting. Harusnya Indonesia punya daya saing tinggi dan ini menjadi peluang besar kita, dengan banyak jumlah bandara. Karena, kalau ada pesawat dari luar negeri yang rusak, bisa dirawat pekerja kita,” kata dia, melalui keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia menyampaikan hal itu saat melihat secara langsung industri perawatan dan perbaikan pesawat (MRO) milik Lion Group, yakni Batam Aero Technic (BAT) di area Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

Berdiri di atas lahan seluas 28 Hektare, selain menjadi bengkel untuk pemeliharaan dan perawatan pesawat, BAT juga memiliki fasilitas uji pesawat terbang.

Airlangga mengatakan, pemerintah sedang mendorong tumbuhnya industri MRO di Indonesia. Hal ini lantaran masih banyak potensi pengembangan sektor ini yang diintegrasikan dengan beberapa bandara di dalam negeri.

Dia menambahkan, industri penerbangan dalam negeri terus berkembang dan mengalami  pertumbuhan yang cukup signifikan. Hal ini diindikasikan dengan kenaikan jumlah lalu lintas udara, baik penumpang maupun untuk arus barang.

“Pertumbuhan jumlah penumpang udara domestik meningkat rata-rata 15 persen per tahun selama 10 tahun terakhir, sedangkan jumlah penumpang udara internasional naik hingga sekitar delapan persen dan Indonesia negara terbesar ketiga di Asia dalam pembelian pesawat udara setelah China dan India,” paparnya.

Ke depan, bisnis industri MRO ini juga cukup menjanjikan seiring meningkatnya sektor pariwisata dan perekonomian di Tanah Air. Selain itu, kehadiran industri perawatan pesawat bisa menurunkan biaya dari industri penerbangan, salah satunya biaya impor komponen pesawat.

Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait, menyampaikan, mereka sedang fokus menjalankan masterplan bisnis MRO termasuk pengembangan sumber daya manusia di BAT. Sejak beroperasi pada 2014, dari lima tahap pengembangan BAT, perusahaan sudah merampungkan satu tahap.

“Tahap pertama sudah difungsikan empat Hektare, dan untuk tahap kedua adalah tiga Hektare. Pada tahap kedua akan dibangun hanggar untuk pengecatan pesawat terbang sebanyak dua unit, bengkel, dan gudang suku cadang,” ujarnya. 

Dengan area yang telah terbangun seluas empat Hektare, saat ini hangar sudah bisa menampung 12 pesawat badan ramping atau empat pesawat terbang badan lebar secara simultan.

Lion Group menargetkan, perluasan fasilitas BAT hingga tahap ketiga akan rampung pada tahun 2019 dengan kemampuan memperbaiki sebanyak 38 pesawat sekaligus. 

“Tahap kelima akan selesai pada tahun 2022. Jumlah pekerjanya kalau sudah tiga shift kurang lebih 10.000 orang,” kata Sirait.

Selain itu, perusahaan sudah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kota Batam untuk membangun politeknik aviasi. 
“Total nilai investasi pengembangan BAT ini diperkirakan mencapai Rp8-9 triliun,” ucap dia. 

Alasan Lion Group memperluas fasilitas MRO adalah untuk menangani sekitar 250 unit pesawat terbang yang dimilikinya. Apalagi, Lion berencana mendatangkan sekitar 700 unit pesawat berbagai jenis, seperti pesawat ATR, Boeing, dan Airbus untuk melayani rute domestik maupun internasional. 

“Adanya fasilitas pengetesan pesawat, membuat MRO milik Lion Group menjadi yang tercanggih dan satu-satunya di Asia,” katanya. (sgt)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SEKTOR RIIL

AP II Minta Akses Khusus Kargo di Tol Kunciran-Cengkareng

Published

on

PT Angkasa Pura II (Persero) meminta akses khusus ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng agar bisa dipotong untuk mempermudah arus kargo dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Apakabarnews.com, Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) meminta akses khusus ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng agar bisa dipotong untuk mempermudah arus kargo dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

“Kita berharap ada akses yang diberikan khusus. Sekarang kan ada jalan tol yang sedang dibangun, kita minta disodet sedikit untuk bisa masuk langsung ke akses itu,” kata Head of Corporate Secretary and Legal PT Angkasa Pura II Agus Haryadi ditemui seusai rapat di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Agus menjelaskan pihaknya akan difasilitasi oleh Kementerian Perhubungan untuk mendiskusikan permintaan tersebut dengan anak usaha Jasa Marga, JKC (Jasa Marga Kunciran Cengkareng).

Ia menyebut sebesar 89 persen lahan telah dikuasai sehingga diyakini tidak akan ada masalah pembebasan lahan.

“Tinggal tambah 11 persen untuk menyambungkan ke jalan tol. Itu paling ideal, sehingga akses kendaraan tidak lagi masuk ke bandara tapi langsung lewat jalan itu,” tuturnya.

Sementara itu, terminal kargo yang ada saat ini akan dihancurkan dan dipindahkan lantaran lahannya akan digunakan untuk pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta.

“Kavling untuk Terminal 4 itu memang di situ. Tinggal sisa untuk Terminal 4 itu saja, kalau sudah kita pakai maka 1.800 hektare sudah terokupansi,” katanya.

Perpindahan lahan terminal kargo disebut Agus akan memperluas kawasan “cargo village” yang telah direncanakan sejak 2016 lalu. AP II sendiri telah mulai membangun apron untuk kawasan kargo yang saat ini telah mencapai sekitar 60 persen penyelesaian.

Agus menjelaskan “cargo village” yang akan dikembangkan akan menggunakan model baru di mana terdapat tiga lini untuk mendukung kapasitas produksi kargo.

Model baru tersebut memungkinkan adanya gudang (warehouse) terintegrasi yang bisa mendorong pertumbuhan kargo.

“Produksi kargo kita sekarang ini sekitar 700 ribu ton per tahun. Ini masih jauh dari negara-negara lain seperti Jepang sehingga kita punya konsep ada bisnis yang kemudian akan mendukung itu,” katanya. (aij)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

FINANSIAL

Luhut : Pelemahan Rupiah Tidak Perlu dikhawatirkan

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.

Apakabarnews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai pelemahan rupiah tidak perlu dikhawatirkan karena secara fundamental, ekonomi Indonesia masih baik.

“Rupiah biasa, tidak apa-apa, tidak masalah. Fundamental ekonomi kita, inflasi bagus,” katanya di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Jumat (20/7/2018).

Meski Luhut mengakui negara mengalami defisit transaksi berjalan, ia meyakini pelaksanaan mandatori biodiesel B20 akan mampu mendongkrak penerimaan negara.

Neraca transaksi berjalan Indonesia yang terus mengalami defisit menjadi faktor domestik yang selama ini membuat nilai tukar rupiah terus tergerus, selain karena tekanan ekonomi eksternal.

“Tapi tadi dengan kita mau menggunakan B20/ kita hitung penerimaan hampir 4 miliar dolar AS dalam dua tahun ke depan. Tahun ini kalau digunakan 500 ribu ton biodiesel saja saya kira sudah hampir 1 miliar dolar AS. Jadi defisit ‘current account’ (transaksi berjalan) kita bisa jadi baik juga,” tuturnya.

Dengan kondisi demikian, Luhut memastikan kondisi rupiah tidak perlu dikhawatirkan meski kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dolar Rate yang diumumkan Bank Indonesia, Jumat ini, menunjukkan rupiah diperdagangkan di Rp14.520 per dolar AS, melemah 102 poin dibanding acuan Kamis (19/7/2018) yang sebesar Rp.14.418 per dolar AS.

“‘Overall’ (secara keseluruhan) saya kira tidak ada yang harus dikhawatirkan,” imbuh Luhut.

Pada pembukaan perdagangan Jumat ini, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank juga melemah 35 poin menjadi Rp14.477 dibanding posisi sebelumnya Rp14.442 per dolar AS.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan pergerakan rupiah masih melemah seiring imbas kenaikan dolar AS yang masih merespons pidato Gubernur Bank Sentral AS (The Federal Reserve) Jerome Powell akan optimismenya terhadap pertumbuhan ekonomi AS yang stabil.

Optimisme Powell menyiratkan potensi kenaikan suku bunga The Federal Reserve sebanyak dua kali lagi di sisa tahun, setelah kenaikan dua kali pada semester I 2018.

“Meskipun di sisi lain Powell tidak menyampaikan secara detil kebijakan moneter The Fed ke depannya,” ujar dia. (ade)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SEKTOR RIIL

Anggota DPR : Cari Penyelesaian Kenaikan Harga Telur

Published

on

Anggota DPR RI Cari Penyelesaian Kenaikan Harga Telur ayam agar tingkat harga di tengah masyarakat juga dapat kembali normal dan stabil.

Apakabarnews.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Roem Kono menginginkan berbagai pihak terkait dapat segera mencari penyelesaian terkait kenaikan harga telur ayam agar tingkat harga di tengah masyarakat juga dapat kembali normal dan stabil.

Roem Kono dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Jumat (20/7/2018), mengutarakan harapannya agar pemerintah segera menyelesaikan fenomena tersebut dengan menstabilkan harga telur di pasaran.

Selain itu, ujar dia, berbagai pihak juga diharapkan jangan sampai berspekulasi atau membuat pernyataan yang masih belum jelas terkait dengan fenomena kenaikan harga telur akhir-akhir ini.

“Semua itu perlu diteliti lebih dalam penyebabnya, dan harus segera dicari penyelesaiannya,” kata politisi Partai Golkar itu.

Pemerintah perlu benar-benar mendalami berbagai hal yang terkait dengan permasalahan berkurangnya pasokan telur ayam ke berbagai daeah yang juga mengakibatkan melonjaknya harga komoditas tersebut.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR lainnya Hermanto mengingatkan bahwa pengadaan telur dapat dibagi menjadi dua klaster pemasok.

“Yaitu supplier besar dalam hal ini korporasi dan ada juga petani telur kelas menengah ke bawah,” papar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ia berpendapat bahwa untuk pemasok telur besar maka seluruh komponen biaya daripada ayam itu atau telur itu dikuasai oleh para korporasi.

Dengan melihat hal seperti itu, ujar dia, maka dapat dilihat siapa yang diuntungkan dan siapa yang dirugikan dalam hal ini.

Sementara itu, Center for Indonesian Policy Studies menilai bahwa berkurangnya pasokan jagung untuk pakan ayam memicu tingginya harga telur di wilayah DKI Jakarta dan berbagai daerah lainnya di Nusantara.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Imelda Freddy mengatakan, lebih dari 50 persen produksi jagung memang diperuntukkan bagi konsumsi hewan, misalnya saja ayam.

Menurut Imelda, mahalnya harga pakan ayam nabati, yang sebagian besar adalah jagung, dipengaruhi oleh ketersediaannya di pasar di mana jumlah produksi nasional tidak bisa memenuhi jumlah konsumsinya.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengakui adanya disparitas harga telur ayam ras di tingkat peternak dan konsumen mencapai 60 persen sehingga mengakibatkan harga komoditas tersebut melambung terutama dalam sepekan terakhir.

Dalam Operasi Pasar Telur Murah di Toko Tani Indonesia Pasar Minggu, Jakarta, Kamis (19/7), Menteri Amran melaporkan harga telur di Jabodetabek memang sudah perlahan turun meskipun perbedaannya masih berkisar 40-60 persen.

Mentan menjelaskan perbandingan harga yang jauh tersebut salah satunya karena rantai pasok yang panjang dari tingkat peternak, warung pengecer hingga konsumen. Selain itu, para pedagang diduga mengambil keuntungan yang tinggi sehingga harga di tingkat konsumen menjadi mahal. (mrr)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending