Connect with us

SULAWESI SELATAN

Makassar Inspeksi Panti-Panti Telusuri Perdagangan Orang

Published

on

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Makassar sudah membentuk satu gugus tugas yang akan menginspeksi pant asuhan dan panti pijat di wilayah kerjanya dalam upaya menelusuri kejahatan perdagangan orang.

Apakabarnews.com, Makassar – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Makassar sudah membentuk satu gugus tugas yang akan menginspeksi pant asuhan dan panti pijat di wilayah kerjanya dalam upaya menelusuri kejahatan perdagangan orang.

“Kita sudah membentuk gugus tugas dan nantinya tim ini akan turun secara bersama-sama melakukan sidak ke sejumlah panti asuhan dan panti pijat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tenri Ampa Palallo di Makassar, Rabu.

Inspeksi mendadak yang juga akan melibatkan unsur dari Dinas Sosial, Dinas Pariwisata dan kepolisian itu, ia menjelaskan, akan difokuskan pada panti asuhan mau pun panti pijat yang tidak memiliki izin operasi.

“Kita tidak akan turun jika semua unsur belum lengkap. Kita pastikan dulu izin-izinnya dan kita target di mana dulu yang akan disidak dan itu tidak langsung sekaligus,” katanya.

Menurut dia, saat ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak masih berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait untuk menentukan lokasi pertama sidaknya.

“Ini sedang kita rapatkan dulu dengan semuanya. Kita juga pasti terbuka dengan laporan-laporan warga jika memang mengetahui ada indikasi itu, maka pasti kita akan bergerak,” terangnya.

Dia menjelaskan pula bahwa inspeksi itu merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah mencegah tindak pidana perdagangan orang, yang korbannya cenderung meningkat setiap tahun.

Tenri mengatakan panti asuhan dan panti pijat menjadi target inspeksi karena ditengarai menjadi tempat penampungan anak dan perempuan korban kejahatan perdagangan orang.

Menurut data Dinas Sosial Makassar, ada 103 panti asuhan resmi (berizin) di Makassar, yang pengelolaannya di bawah pengawasan Dinas Sosial.

Tenri menjelaskan pula bahwa pemerintah daerah juga menggandeng peneliti dan lembaga swadaya masyarakat untuk meneliti kasus-kasus tindak pidana perdagangan orang di Makassar.

Menurut Pasal 1 Undang Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang, yang dimaksud dengan perdagangan orang adalah tindakan perekrutan, pengangkutan, penampungan, pengiriman, pemindahan, atau penerimaan seseorang dengan ancaman kekerasan, penggunaan kekerasan, penculikan, penyekapan, pemalsuan, penipuan, penyalahgunaan kekuasaan atau posisi rentan, penjeratan utang atau memberi bayaran atau manfaat, sehingga memperoleh persetujuan dari orang yang memegang kendali atas orang lain tersebut, baik yang dilakukan di dalam negara maupun antar negara, untuk tujuan eksploitasi atau mengakibatkan orang tereksploitasi. (has)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SULAWESI SELATAN

Polisi Tembak Pembegal Ayah dan Anak

Published

on

Kepolisian Resor Kota Besar Makassar menangkap dan menembak anggota komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan atau begal.

Apakabarnews.com, Makassar – Kepolisian Resor Kota Besar Makassar menangkap dan menembak anggota komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan atau begal terhadap seorang ayah dan anaknya di Jalan Kancil, Kecamatan Mamajang, Makassar.

“Hampir sebulan pelaku begal ayah dan anak ini kita kejar dan akhirnya komplotannya ditangkap, walaupun masih ada yang buron,” kata Kepala Polrestabes Makassar, Komisaris Besar Polisi Dwi Ariwibowo, di Makassar, Kamis (6/12/2018).

Ia mengatakan, tiga orang dari komplotan begal yang ditangkap, yakni Ikhsan (22), Ri alias Tebas (18), serta RG (18). Ketiganya komplotan begal yang sering beraksi di beberapa tempat.

Para pelaku pembegalan ini memiliki nama geng “Ero-ero” dan sering melukai korbannya.

Sebelumnya, Afwan (40) dan putranya Muhammad Reza (17) dibegal saat dalam perjalanan pulang ke rumahnya di Jalan Singa, sehabis menikmati coto di warung Coto Gagak.

Akibat kejadian itu, Afwan dan Muhammad Reza harus terbaring di RS Bahyangkara akibat luka sabetan senjata tajam yang dideritanya, dan telepon genggam (HP) dibawa kabur pelaku.

Kedua korban sempat dioperasi pada bagian kepalanya akibat luka sabetan senjata tajam yang digunakan pelaku begal saat melancarkan aksinya. (muh)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

POLITIK

Sandiaga Uno pada Para Relawan, Menyebar, Sampaikan Perubahan Ekonomi 2019

Published

on

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno dihadapan para relawan dan partai koalisi di Roemah Djoeang di kawasan Lanto Daeng Pasewa Makasar, Minggu (4/11/2018).

Apakabarnews.com, Makasar — Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno dihadapan para relawan dan partai koalisi di Roemah Djoeang di kawasan Lanto Daeng Pasewa Makasar, Minggu (4/11/2018) agar tidak bergerombol tapi menyebar menyampaikan visi dan misi Prabowo Sandi kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan,

“Sampaikan pada masyarakat kalau kita fokus pada ekonomi yang terpusat pada penciptaan dan penyerapan lapangan kerja, juga harga-harga bahan pokok yang stabil serta terjangkau,” terang Sandi.

BACA JUGA : Sandiaga Uno dan Kisah Sukses Warung Kopi Azzahra di Makasar

Menurut Sandi, relawan kerjaannya bukan swafoto dan bergerombol setiap ada acara. Tapi melakukan sosialisasi yang terstruktur, sistematis dan efisien.

“Sampaikan kepada para pemilih yang masih bingung dengan pilihannya. Jelaskan kepada mereka kita punya program dibidang ekonomi yang berorientasi pada ekonomi kerakyatan. 2019 adalah perubahan ekonomi, 2019 referendum ekonomi, 2019 lapangan kerja, 2019 harga yang terjangkau,” ucap Sandi.

Mantan wakil gubernur DKI ini juga berharap para relawan menciptakan politik yang memoersatukan bukan memecah belah. Ciptakan politik yang sejuk. Politik berpelukan.

“Ayo rebut pikiran dan hati masyarakat dengan program ekonomi kita. Sampikan di warung kopi, pasar, tetangga dan kerabat,dan di mana saja, Prabowo Sandi terpilih, Indonesia adil makmur,” tutup Sandi. (yug)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

POLITIK

Sandiaga Uno dan Kisah Sukses Warung Kopi Azzahra di Makasar

Published

on

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno berkumoul dengan pelaku usaha di Warung Kopi Azzahra di Makasar, Minggu (4/11/2018).

Apakabarnews.com, Makasar — Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno berkumoul dengan pelaku usaha di Warung Kopi Azzahra di Makasar, Minggu (4/11/2018). Pemilik Azzahra Abdullah M Karim adalah contoh sukses pengusaha yang memulai karirnya dari nol.

“Abdullah ini memulai usahanya hanya bermodalkan termos dan menjajakannya di sekitar kota Makasar. Tapi kini dia punya beberapa warung dengan merek dagang Azzahra dengan omset ratusan juta perbulan dan memperkerjakan ratusan orang. Ini adalah sebuah contoh sukses yang nyata,” kata Sandi.

Menurut Sandi, harus ada Abdullah lain. Anak muda yang menciptakan lapangan kerja. Bukan mencari kerja. Inspirasi dan semangat ini haris disebarkan. Karena menurut Sandi, jenis usaha ini bisa menopang ekonomi Indonesia yang sedang krisis dengan lemahnya rupiah terhadap dolar.

“Jenis usaha ini tidak tergantung pada komoditas ekspor. Kopinya dari dalam negeri, penganan yang menemani menyeruput kopi juga olahan dalam negeri. Justru saya berharap, kedai kopi seperti ini bisa bersaing dengan kopi-kopi jaringan internasional,” jelas Sandi.

Sandi mengaku bersama Prabowo Subianto akan fokus pada pertumbuhan ekonomi mikro. Memberikan fasilitas permodalan dan mendukung tumbuh kembang usaha kecil dan menengah.

“Para pelaku udaha kecil dan menengah ini merupakan denyut sesungguhnya perekonomian Indonesia. Tahun 2019 kami akan melakukan perubahan di bidang ekonomi yang fokus pada penciptaan serta ketersediaan lapangan kerja juga harga-harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau,” tutur Sandi.

Sandi memulai kegiatan di Makasar dengan sholat subuh di Mesjid terapung Amirul Mukminin di Pantai Losari dan dilanjutkan dengan berlari dari Losari ke Lapangan Karebosi. (yug)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending