Connect with us

BENGKULU

Waspada Peredaran Uang Palsu Menjelang Ramadhan

Published

on

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu mengajak semua pihak khususnya masyarakat agar lebih waspada terhadap peredaran uang palsu.

Apakabarnews.com, Bengkulu – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu mengajak semua pihak khususnya masyarakat agar lebih waspada terhadap peredaran uang palsu, apalagi akan memasuki bulan suci Ramadhan yang notabene masyarakat lebih konsumtif.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu Endang Kurnia Saputra di Bengkulu, Selasa (24/4/2018), menyebutkan, tidak hanya Ramadhan, saat ini di Kota Bengkulu juga sedang ada gelaran Pilkada 2018 dan juga ada agenda besar masyarakat lainnya yakni tahun ajaran baru.

“Menjadi kesempatan bagi oknum untuk menyebarkan uang palsu, ketika tingkat konsumsi melonjak, artinya transaksi meningkat, oleh karena itu perlu hati-hati,” kata dia.

Seperti kejadian pada Senin 23 April 2018, Kepolisian Bengkulu membekuk enam orang tersangka pembuat dan pengedar uang palsu, dari tangan tersangka diamankan upal. Jika dinilai nominalnya dalam bentuk rupiah maka akan mencapai Rp73 juta.

“Tapi sebenarnya nilainya nol, itu tidak ada nilainya karena bukan rupiah. Kalau ada temuan jangan takut untuk melapor,” kata dia lagi.

Secara mudah sebenarnya masyarakat bisa mengecek keaslian uang yaitu dengan cara 3D atau yang jamak dikenal dengan dilihat, diraba dan diterawang. Uang yang asli menurut Endang memiliki kualitas cetak yang sangat baik, jika diraba terasa kasar, dan disertakan dengan tanda air serta benang pengaman.

“Masih banyak lagi cara mengenali rupiah lainnya seperti gambar tersembunyi, tekstur, perubahan warna, fitur pelangi, ultra violet dan rectoverso,” ujarnya.

Masyarakat juga bisa memastikan keaslian rupiah dengan menggunakan peralatan tambahan seperti menyediakan lampu ultra violet untuk keperluan transaksi.

Yang lebih aman lagi, Endang mengajak semua pihak untuk beralih menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi. Cara ini tentu dapat menekan kerugian akibat peredaran uang palsu atau kriminal vandalisme. (blw)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

BENGKULU

Bandara Bengkulu Tetap Beroperasi Normal Usai Insiden Lion Tabrak lampu

Published

on

Sayap kiri (wing tip) pesawat Lion Air bernomor JT-633 rute Bengkulu-Jakarta menyenggol lampu koordinat di Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu.

Apakabarnews.com, Madiun – Bandara Fatmawati tetap beroperasi normal usai insiden pesawat Lion Air JT 633 rute Bangkulu Jakarta menabrak lampu di depan ruang VVIP Bandara Fatmawati Bengkulu.

“Benar insiden itu terjadi. Namun kejadian ini tidak menyebabkan bandara ditutup karena pesawat masih berada apron sehingga bisa dipinggirkan dan penerbangan di (bandara) Fatmawati masih normal,” kata Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VI Agoes Soebagio dalam keterangan tertulis di Madiun, Rabu (7/11/2018).

BACA JUGA : Sayap Lion Air Rute Bengkulu-Jakarta Senggol Lampu Bandara

Ia menambahkan dalam masalah ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui OBU Wilayah VI langsung menurunkan Inspektur Kelayakan Udara bersama dengan Tim Bandara UPBU Fatmawati untuk melakukan investigasi terkait insiden tersebut.

Terkait penumpang yang ada di dalam penerbangan tersebut, pihaknya langsung menerbangkan dengan pesawat Lion Air yang baru tiba dari Jakarta untuk membawa ke Jakarta lagi.

“Langkah-langkah penanganan tersebut segera kita dilakukan agar tidak terjadi penumpukan penumpang sehingga membuat masyarakat menjadi kecewa. Dalam hal ini kami tetap memprioritaskan keselamatan dan pelayanan,” kata Agoes.

Ia juga tidak mau berspekulasi terkait penyebab dari insiden ini.

Ia meminta semua pihak agar bersabar menunggu hasil investigasi yang dilakukan pihaknya pada Kamis (8/11).

Agus juga mengatakan bahwa seteleh ini pihak UPBU Fatmawati akan memberikan laporan terkait insinden tersebut. (jtr)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BENGKULU

Peneliti Bengkulu Budidayakan Dua Spesies Bunga Bangkai

Published

on

Peneliti Universitas Bengkulu membudidayakan dua spesies bunga bangkai.

Apakabarnews.com, Bengkulu – Peneliti Universitas Bengkulu membudidayakan dua spesies bunga bangkai untuk memudahkan masyarakat melihat dan mengamati tumbuhan suku talas-talasan tersebut.

“Spesies yang kami budidayakan yakni Amorphophallus paeoniifolius alias suweg dan Amorphophallus titanum yang tingginya bisa lebih dari dua meter,” kata Yansen, peneliti dari Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, Selasa (6/11/2018).

Yansen menuturkan dalam upaya budidaya itu tim peneliti memindahkan umbi bunga bangkai dari habitat aslinya ke laboratorium kehutanan di Universitas Bengkulu.

“Tahun 2009, budidaya pertama kali dilakukan dengan memindahkan umbi suweg yang tumbuh di pemukiman warga di Kota Bengkulu. Saat ini, umbi yang kami pindahkan dulu sedang berbunga,” tuturnya.

Suweg bisa dikembangbiakkan dari umbinya, yang berbentuk bundar pipih dengan ukuran diameter 40 centimeter, tinggi 30 centimeter dan bobot sekitar lima kilogram.

“Selain dapat dibudidayakan, umbi bunga bangkai juga bisa diolah menjadi sumber karbohidrat alternatif, namun perlu diproses melalui berbagai tahapan karena getahnya gatal,” ujar Yansen.

Ia menjelaskan bahwa Pulau Sumatera memiliki 20 dari sekitar 200 spesies bunga bangkai yang ada di seluruh dunia. “Ada sekitar 10 spesies bunga bangkai di Bengkulu,” katanya.

Yansen mengatakan tumbuhan itu bisa dibudidayakan untuk menarik kunjungan wisatawan.

“Untuk menjadikan bunga bangkai sebagai destinasi wisata baru, maka perlu dibangun rumah botani. Di sana pengunjung dapat melihat tempat pembibitan hingga bunganya mekar. Hal ini tentu akan sangat menarik bagi wisatawan,” katanya. (nur)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

BENGKULU

Bawaslu Bengkulu Temukan 20 Ribu Lebih Pemilih Ganda

Published

on

20.524 data pemilih ganda dari 1.382.760 daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum 2019.

Apakabarnews.com, Bengkulu – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu menemukan sebanyak 20.524 data pemilih ganda dari 1.382.760 daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum 2019 yang tersebar di 10 kabupaten dan kota.

“Ada temuan 20.524 data pemilih ganda yang sudah direkomendasikan untuk perbaikan,” kata Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar di Bengkulu, Rabu (12/9/2018).

Ia mengatakan data pemilih yang sudah dianalisis menemukan data pilih ganda di 10 wilayah kabupaten dan kota di daerah ini.

Rincian pemilih ganda yang sudah direkomendasikan untuk perbaikan yakni Kota Bengkulu sebanyak 539 pemilih, Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak satu orang, Kabupaten Lebong sebanyak 1.009 pemilih.

Selanjutnya Kabupaten Rejanglebong sebanyak 349 pemilih, Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 729 pemilih.

Sedangkan di Kabupaten Mukomuko 3.037 pemilih, Kabupaten Kepahiang 2.844 pemilih, Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 7.111 pemilih, Kabupaten Seluma 3.298 pemilih dan Kabupaten Kaur sebanyak 1.607 pemilih.

Untuk menyelesaikan persoalan data pemilih ganda tersebut, Patimah mengatakan Bawaslu dan KPU akan bersinergi berjenjang mulai dari tingkat bawah.

Penyelesaian data pemilih di tingkat desa dan kecamatan dilakukan pada 12 September 2018, dilanjutkan di tingkat kabupaten dan kota pada 13 September 2018 dan tingkat provinsi pada 14 September 2018.

“Sejak 7 September, jajaran penyelenggara sudah bergerak untuk perbaikan data ganda ini,” ucapnya.

Proses penyelesaian data ganda tersebut diawali dengan pengelompokan jenis kegandaan untuk menentukan langkah-langkah penyelesaiannya. (hel)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending