Connect with us

KALIMANTAN TENGAH

Golkar Kalteng Pecat Dua Anggota DPRD

Published

on

Ketua DPD Partai Golkar Kalteng, HM Ruslan AS.

Apakabarnews.com, Kuala Pembuang – Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kalimantan Tengah memecat dua anggota DPRD dari Fraksi Golkar pada dua kabupaten karena tidak mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung partai tersebut dalam Pilkada Serentak 2018.

“Ada dua anggota DPRD dari Golkar yang kami copot, yakni anggota DPRD Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Kapuas,” kata Ketua DPD Partai Golkar Kalteng HM Ruslan AS, saat berkunjung ke Pembuang Hulu, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, Senin (11/6/2018).

Ia menegaskan, kedua anggota DPRD tersebut dipecat secara tidak hormat karena terbukti mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung oleh partai lain.

“Ini juga peringatan bagi kader Golkar lainnya. Kalau ada kader Golkar yang berkhianat akan kita copot,” katanya.

Ia mengatakan, DPD Partai Golkar Kalteng menargetkan dan optimistis dapat meraih kemenangan tujuh dari 11 pilkada yang berlangsung di kabupaten/kota daerah ini.

“Kita minta seluruh kader Partai Golkar agar bekerja keras untuk mewujudkan target tersebut,” katanya pula.

Menurutnya, berdasarkan hasil survei persentase kemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati diusung Golkar sudah jauh melebihi pasangan calon lainnya.

“Ini bukan sembarangan, kita ada konsultan serta survei, dan rata-rata persentase kemenangan di atas 60 persen,” kata dia.

Ia menambahkan, dari hasil kunjungan di lapangan, persiapan tim pemenangan pada masing-masing kabupaten/kota juga sudah sangat baik untuk memenangkan pasangan calon yang diusung.

“Semua persiapan sudah sangat baik, jadi tinggal menunggu saat pemilihan saja,” katanya.

Meski demikian, Ruslan mengingatkan agar seluruh tim pemenangan tetap solid, bersemangat dan terus bekerja keras sampai dengan waktu pemilihan pada 27 Juni mendatang.

“Insya Allah kita memimpin, tapi karena ini politik dan waktu pemilihan tidak terasa tinggal beberapa hari saja, maka saya terus mengingatkan agar tim pemenangan merapatkan barisan dan tetap solid untuk mencapai target maksimal,” katanya. (fah)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

HUKUM

Densus 88 Gerebek Rumah Terduga Teroris di Kalteng

Published

on

Anggota Detasemen Khusus 88 Polri dan Polres Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menggerebek sebuah rumah terduga teroris.

Apakabarnews.com, Palangka Raya – Anggota Detasemen Khusus 88 Polri dan Polres Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menggerebek sebuah rumah terduga teroris yang berada di Jalan Rajawali Km 6,5 Gang Rukun, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Senin (13/8/2018).

Dalam penggerebekan tersebut, Densus 88 membawa sejumlah barang bukti, seperti bahan kimia berupa serbuk, paralon dan dua bilah pisau. Sementara itu seorang pria berinisial LD yang diduga termasuk jaringan terorisme juga ditangkap dan dibawa Tim Densus 88 ke Markas Polda Kalteng.

“Benar rekan kami dari Densus 88 Mabes Polri mengamankan satu orang. Terkait kasus apa, saya belum mengetahuinya. Masih menunggu
kejelasannya,” kata Kapolres Palangka Raya, AKBP Timbul Rein Krisman Siregar saat berada di lokasi penggerebekan.

Setelah LU ditangkap dan diamankan, Densus 88 melakukan penjemputan terhadap istri LU yang bekerja sebagai guru di salah satu sekolah di Palangka Raya.

Belum diketahui status istri LU dijemput aparat Densus tersebut. Namun saat masuk ke Mapolda Kalteng, isteri LD masih menggunakan pakaian aparatur sipil negara (ASN) dan berhijab.

Menurut penuturan sejumlah warga sekitar, dalam kesehariannya, kehidupan suami-istri anak dua tersebut juga tidak terlalu mencurigakan. Mereka juga rajin menyapa warga sekitar.

“Tegur sapa dan senyum dengan tetangga wajar saja. Saat tanaman sayur-sayuran dipanen, keluarga LD sering membagikan kepada tetangga. Mereka juga sering shalat berjamaan di mushola dekat rumahnya itu,” kata Riska, tetangga LD.

Dia membenarkan bahwa dirinya pun dijadikan saksi oleh kepolisian dalam penggerebekan tersebut.

“Kalau sepenglihatan saya, barang-barang yang diamankan polisi itu ada beberapa bahan kimia dan sejumlah serbuk kimia, yang entah apa fungsinya,” kata Riska.

Pantauan di lapangan, penggerebekan tersebut menjadi tontonan masyarakat yang kebetulan melintas di ruas Jalan Rajawali itu. Bahkan sejumlah masyarakat mengabadikan aksi yang dilakukan petugas setempat dengan cara memvideo dan memfoto di telepon seluler pribadinya. (jwm/adi)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

FINANSIAL

Realisasi Pembayaran PBB P2 Barut 5,40 Persen

Published

on

Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara, Aswadin Noor.

Apakabarnews.com, Muara Teweh – Realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah periode Januari-Juni 2018 baru Rp181 juta atau 5,40 persen dari target Rp3,3 miliar.

“Realiasasi penerimaan PBB-P2 dari sembilan kecamatan di Barito Utara ini masih belum optimal,” kata Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Utara (Barut), Aswadin Noor di Muara Teweh, Senin (9/7/2018).

Menurut Aswadin Noor, hingga triwulan kedua realisasi PBB P2 baru pada sektor perkotaan yakni Rp181 juta atau 5,48 persen dari target Rp2,7 miliar, sedangkan sektor perdesaan yang ditargetkan Rp558,6 juta masih belum ada penerimaan.

Saat ini, pemerintah Kabupaten Barito Utara telah meluncurkan PBB P2 di daerah setempat yang bisa dilakukan secara online melalui sms banking.

“Pembayaran PBB P2 secara online ini untuk memudahkan masyarakat untuk membayar tanpa harus datang ke tempat pembayaran, cukup melalui sms banking Bank BRI Muara Teweh,” katanya.

Aswadin Noor mengatakan, meski ada pembayaran secara online, namun pihaknya tetap membuka loket pembayaran secara manual di Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah setempat atau bisa juga ke Bank BRI.

PBB P2 merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang potensial sebagai sumber pembiayaan kegiatan pemerintahan maupun pembangunan daerah serta upaya mensejahterakan masyarakat.

Terkait dengan hal itu, penciptaan dan pengelolaan PBB P2 sangat diperlukan tata kelola yang baik dan profesional, di antaranya adalah data PBB P2 yang akurat dan valid.

“Untuk itu kami melakukan pemutakhiran data PBB P2 , termasuk validasi data piutang PBB P2 dengan melibatkan para Ketua RT di daerah ini,” katanya. (kas)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

FINANSIAL

Kalteng Selama Juni Terjadi Inflasi 1,39 Persen

Published

on

Kepala BPS Kalteng, Hanif Yahya.

Apakabarnews.com, Palangka Raya – Badan Pusat Statistik mencatat Indeks Harga Konsumen selama Juni 2018 di Provinsi Kalimantan Tengah mengalami inflasi 1,39 persen, diikuti laju inflasi tahun kalender 3,13 persen dan tahun ke tahun 3,08 persen.

Inflasi 3,19 persen dialami provinsi ini pada Juni 2018 tersebut merupakan gabungan dari Kota Palangka Raya yang mengalami inflasinya 1,14 persen dan Sampit 1,82 persen,” kata Kepala BPS Kalteng Hanif Yahya di Palangka Raya, Senin (2/7/2018).

“Andil harga yang diatur pemerintah atau administered prices menjadi faktor pendorong utama terjadinya inflasi di Kota Palangka Raya dan Sampit. Komponen harga bergejolak juga berkontribusi cukup tinggi terhadap inflasi,” tambahnya.

Terjadinya inflasi sebesar 1,14 persen untuk Kota Palangka Raya karena adanya kenaikan indeks harga dari 128,81 pada bulan Mei menjadi 130,28 pada Juni 2018. Inflasi ini juga didominasi oleh meningkatnya indeks harga pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sekitar 4 persen, dan bahan makanan 1,61 persen.

Hanif mengatakan laju inflasi tahun kalender 2,34 persen juga didominasi oleh lonjakan kenaikan indeks harga kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 4,40 persen, dan bahan makanan 4,18 persen. Dan, untuk inflasi tahun ke tahun 2,23 persen tersebut lebih dipengaruhi kelompok kesehata 4,54 persen dan sandang 4,53 persen.

“Kalau untuk komoditas utama pendorong terjadinya inflasi pada Juni 2018 di Kota Palangka Raya berasal dari jasa angkutan udara 0,60 persen, daging ayam ras 0,21 persen, ikan nila 0,05 persen, ayam goreng 0,05 persen dan daging ayam kampung 0,04 persen,” ucapnya.

Kepala BPS Kalteng ini menyebut, untuk inflasi Sampit sebesar 1,82 persen tersebut karena adanya kenaikan harga dari 134,45 pada Mei 2018 menjadi 136,90 pada Juni 2018. Terjadinya inflasi ni terutama dipengaruhi oleh meningkatnya indeks harga kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan 4,38 persen dan bahan makanan 3,25 persen.

Laju inflasi tahun kalender 4,37 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun 4,60 persen di Sampit lebih tinggi dibandingkan Kota Palangka Raya. Hal ini disebabkan kenaikan harga kelompok bahan makanan 8,39 persen, serta transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 5,23 persen.

“Komoditas utama pendorong terjadi inflasi pada Juni 2018 di Sampit berasal dari jasa angkuta udara 0,65 persen dan daging ayam ras 0,39 persen, angkutan antar kota 0,09 persen, kacang panjang 0,09 persen, dan tongkol/Ambu-ambu 0,08 persen,” demikian Hanif. (jwm)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending