Connect with us

FASHION

Koleksi Musim Panas Mode Italia Tampil di Kediaman Dubes RI Roma

Published

on

Koleksi Musim Panas Mode Italia karya mahasiswa Akademi Mode terkemuka di Roma, KOEFIA, ditampilkan dalam peragaan busama yang digelar di kediaman resmi Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani.

Apakabarnews.com, London – Koleksi Musim Panas Mode Italia karya mahasiswa Akademi Mode terkemuka di Roma, KOEFIA, ditampilkan dalam peragaan busama yang digelar di kediaman resmi Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, Minggu malam.

Peragaan busana yang diselenggarakan sebagai bagian dari pekan mode AltaRoma 2018, dihadiri lebih dari 400 tamu undangan yang terdiri dari pelaku industri dan peminat mode, kalangan diplomatik, sosialita serta jurnalis berbagai media, demikian Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Murtina Allamanda kepada Antara London, Senin (2/7/2018).

Mengusung tajuk The Summer Fashion “Notes on Couture”, karya 36 mahasiswa tahun kedua dan ketiga Akademi Mode KOEFIA di bawah arahan Direktur Artistik, Simone Bruno, tampil ragam desain untuk musim panas itu dibuka dengan tarian Betawi kontemporer oleh duo penari cilik, Shavira Yusral Tahir dan Ayasha Royhan Wahab, berlangsung hangat.

Pada puncak acara, hadir sejumlah koleksi pakaian dari wastra Nusantara koleksi pribadi Dubes Esti Andayani dan Wakil Kepala Perwakilan RI, George Lantu. Diiringi lagu Serasa ciptaan (alm) Chrisye, para model Italia memperagakan busana dengan anggun disambut meriah hadirin.

Dalam sambutannya, Dubes Esti Andayani menyampaikan apresiasi atas kerja sama antara KBRI Roma dan Akademi KOEFIA, khususnya dalam mempromosikan wastra nusantara di Italia. Dubes Esti juga memberikan penghargaan bagi koleganya, Duta Besar RI untuk Venezuela tahun 2012-2015 (Almarhum) Prianti Gagarin, yang semasa hidupnya aktif mempromosikan wastra Nusantara dalam berbagai kesempatan.

Sementara itu, Rumah Mode Balenciaga menyatakan terima kasih pada KBRI Roma yang bersedia menjadi tuan rumah sekaligus ajang pemberian penghargaan bagi siswa KOEFIA pemenang kompetisi desain Lectra KOEFIA Balenciaga Award 2018.

Sentuhan khas budaya Indonesia juga hadir melalui lantunan musik bernuansa etnik Trio KBRI Roma beranggotakan Charles Hutapea (piano dan saksofon), Harley Korompis (terompet dan piano) dan Lona Hutapea (gamelan dan angklung). Lagu-lagu seperti Janger, Gundul-gundul Pacul serta Bengawan Solo mengalun merdu menghibur undangan. Beragam sajian seperti nasi goreng Indonesia, kue balapis khas Manado, kue dadar gulung dan bubur kacang hijau diminati undangan.

Salah seorang pengunjung, Bertha Cerullo Vella, mengekspresikan kekaguman terhadap ragam budaya dan wastra nusantara yang ditampilkan pada malam itu. Dubes Malaysia di Italia menyampaikan penghargaannya atas penyelenggaraan acara menarik. Akademi mode KOEFIA adalah salah satu sekolah mode terkemuka di kota Roma didirikan pada tahun 1951.

Sejak 2013, Akademi KOEFIA menjadi mitra KBRI Roma mempromosikan batik dan wastra nusantara di Italia. Akademi KOEFIA mendukung Indonesia Fashion Week dengan memberikan beasiswa bagi pemenang kompetisi Indonesian Young Fashion Designer dalam lima tahun terakhir ini.

Berbagai nama perancang adibusana seperti Dolce & Gabbana merupakan lulusan sekolah mode. Pekan mode AltaRoma 2018 merupakan ajang peragaan busana yang didedikasikan bagi perancang muda Italia, diadakan dua kali setiap tahunnya, setiap Januari dan Juli.

Para pengunjung juga diajak belajar membatik melalui lokakarya singkat dipandu pelajar Indonesia di Universitas Calabria Italia, Ranty Yustina Dewi.

Humas KOEFIA, Bianca Lamy, menyebutkan bahwa potensi Indonesia di dunia mode sangat besar. Indonesia dinilai memiliki keunggulan latar belakang kekayaan budaya, ragam pilihan busana serta keahlian artisan lokal kerajnan tangan yang dapat menjadi modal dalam kompetisi mode global, demikian Bianca Lamy. (zey)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FASHION

Wastra Indonesia Semarakkan Museon Den Haag

Published

on

Peragaan busana The Modest Heritage of Indonesia yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag, Belanda.

Apakabarnews.com, London – Para model melenggang mengenakan busana berbahan wastra atau kain tradisional Indonesia dalam peragaan busana bertajuk The Modest Heritage of Indonesia yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag bersama Pelangi Wastra Indonesia di Museon, museum budaya dan ilmu pengetahuan Den Haag, Belanda, pada 7 Desember.

Kreasi enam perancang busana, seorang perancang sepatu dan perancang tas ditampilkan dalam acara yang dihadiri sekitar 200 tamu itu menurut Minister Counsellor Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Den Haag Renata Siagian dalam siaran pers kedutaan pada Senin (9/12/2018).

Desainer Leny Rafael menampilkan rancangan berbahan tenun Badui, Adelina Willy Suryani memamerkan busana berbahan sutra Garut, Rizki Permatasari menampilkan kain khas Sumba, dan Dwi Lestari Kartika mengangkat kain batik Bekasi dalam peragaan busana itu.

Sementara perancang Gita Orlin membawa batik Trenggalek, Melisa A. Bermara menampilkan karya yang terinspirasi oleh burung Enggang khas Kalimantan, Lala Gozali menampilkan kain lurik Jawa, dan Putri Permana membawa tas Jepara.

Duta Besar Wesaka Puja dalam sambutannya pada acara itu mengemukakan bahwa The Modest Heritage of Indonesia merupakan bagian dari upaya untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia lewat kain-kain tradisional.

“Indonesia terdiri atas ribuan pulau dan ratusan suku bangsa dengan latar belakang etnis, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, termasuk tekstil uniknya yang sudah dikenal dunia, seperti batik,” katanya.

Ia berharap peragaan busana berbahan wastra Indonesia bisa memberikan gambaran mengenai kekayaan budaya dan industri kreatif yang makin berkembang di Indonesia.

Sebelum mengakhiri sambutan, Wesaka mengutip slogan rumah mode Cushnie et Ochs, “Life is too short to wear boring clothes” (Hidup terlalu singkat untuk mengenakan busana membosankan).

Acara peragaan busana berbahan wastra Indonesia itu diawali dengan acara bincang-bincang bertajuk “Wastra Indonesia, Timeless Sources of Inspiration” yang dipandu Yetty Haning dari Centre for Culture and Development Belanda (CCD-NL), yang tahun depan menggelar program “Binding with Ikat” dengan mengirimkan tiga desainer Belanda ke Kupang untuk mendalami teknik maupun desain tenun ikat. (zey)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

FASHION

Fery Fahati Baswedan Bersama Nur Asia Uno Hadiri Jakarta Halal Things 2018

Published

on

Fery Farhati Baswedan bersama Nur Asia Uno di acara Jakarta Halal Things di Senayan City, Jakarta (30/11/2018).

Apakabarnews.com, Jakarta – Fery Farhati Baswedan bersama Nur Asia Uno menghadiri acara tahunan yang digagas Scarf Media, Jakarta Halal Things di Senayan City, Jakarta (30-11/2018). Dalam sambutannya, Feri mengatakan bahwa industri halal memiliki pangsa pasar yang luar biasa. “Muslimah saat ini bisa mencari informasi, bertukar informasi, serta menikmati berbagai gaya hidup halal dalam Jakarta Halal Things”, ungkap Feri. 

Acara yang dibuka dengan pemukulan gendang ini juga dihadiri oleh Nur Asia Uno, istri Cawapres RI nomor urut 2, Sandiaga Uno. Nur Asia menyambut baik gaya hidup halal yang sudah semakin berkembang saat ini di Indonesia. Melihat dalam Jakarta Halal Things bukan hanya exhibition yang menghadirkan produk-produk halal, tetapi juga layanan jasa yang sifatnya halal. Hal ini tentunya juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi para pelaku industri halal di Indonesia. 

Nur Asia Uno menutup dalam sambutannya di Jakarta Halal Things dengan pantun. “ Bangun pagi ikut anak memanah, pulangnya diajak ke Gondangdia. Ayo semua para muslimah, jangan lupa datang ke Scarf Media!,” tutupnya yang disambut dengan tepuk tangan meriah. (ver)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

FASHION

Nur Asia Uno Dinobatkan The Most Inspiring Muslimah 2018

Published

on

Nur Asia Uno dinobatkan sebagai The Most Inspiring Muslimah, di Jakarta Halal Things 2018, di Senayan City, Jakarta (30/11/2018). 

Apakabarnews.com, Jakarta – Media Muslimah, Scarf Media menobatkan istri Cawapres Sandiaga Uno, yakni Nur Asia Uno sebagai The Most Inspiring Muslimah. “Alhamdulillah sekali, saya juga tidak menyangka kalau saya dinobatkan sebagai The Most Inspiring Muslimah”, ungkap Nur Asia Unodi Jakarta Halal Things 2018, di Senayan City, Jakarta (30/11/2018). 

Menurut Nur Asia Uno, melakukan kegiatan sosial sudah menjadi bagian dalam hidupnya. Hal tersebut merupakan cara dalam mencari ridho Allah SWT. Dirinya juga berharap bukan hanya sahabat-sahabatnya yang terinspirasi tetapi juga bagi seluruh muslimah di Indonesia. Dirinya juga menyambut baik dengan hadirnya Jakarta Halal Things 2018, “Acara ini sekaligus memberikan jawaban bagi para pelaku industri halal karena turut berpartisipasi dalam membuka lapangan pekerjaan yang baru”, lanjutnya. 

BACA JUGA : Lagi-Lagi! Bawaslu Putuskan Prabowo-Sandi Tak Langgar Aturan Kampanye

Temi Sumarlin, CEO Scarf Media mengatakan Nur Asia Uno masuk dalam the most inspiring muslimah karena banyak kegiatan sosial yang dilakukan, bukan hanya saat menjadi istri wakil gubernur saja tetapi hingga saat ini mampu membagi waktu antara keluarga, rumah, hingga politik. 

Scarf Media ingin agar Industri halal semakin meluas di Indonesia, untuk mengakomdir pengusaha baru dibidang makanan, fashion, dan lainnya yang mengandung unsur halal. Serta Jakarta Halal Things dibuat untuk seluruh muslimah jakarta untuk dapat bertukar informasi, serta turut membantu membuka lapangan kerja bagi pengusaha baru dan mengembangkan industri halal di Indonesia. (fik)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending