Connect with us

SULAWESI UTARA

PLN Mulai Bangun PLTMG Luwuk 40 MW

Published

on

Pembagunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkekuatan 40 megawatt (MW) di Desa Nonong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Apakabarnews.com, Jakarta – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkekuatan 40 megawatt (MW) di Desa Nonong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

“Pembangunan PLTMG Luwuk 40 MW ini ditargetkan dapat selesai dan bisa mulai beroperasi secara komersial,” kata Supervisor Humas PT PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara, Dermawan Amir Uloli dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa  (3/7/2018).

Ia mengatakan peresmian pembangunan (ground breaking) proyek tersebut telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan peresmian operasional tiga pembangkit baru dan tiga “ground breaking” yang dipusatkan di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018).

PLTMG ini, kata Dermawan, akan mulai beroperasi secara bertahap yakni pada triwulan 2019 sebesar 15 MW dan triwulan II 2019 sebesar 25 MW.

Investasi yang ditanamkan dalam pembangunan pembangkit ini Rp521 miliar.

PLN menggunakan mesin Roll Royce dengan kontraktor pelaksana adalah konsorsium PT Barata Indonesia, PT Dalle Engineering Contruction dan PT Mitra Energi Batam.

PLTMG Luwuk 40 MW ini akan memperkuat sistem ketenagalistrikan di Sulawesi Tengah khususnya pada Kabupaten Banggai dan sekitarnya, kata Dermawan.

Pada saat ini, PLN Area Luwuk memiliki 136 ribu pelanggan, dimana daya pembangkit sebesar 28,3 MW dengan beban puncaknya sudah mencapai 25,8 MW.

Dengan masuknya PLTMG Luwuk ini, maka kemampuan pembangkitan sistem Luwuk akan meningkat sebesar 242 persen dan diharapkan dapat mengakomodasi penambahan pelanggan yang lebih banyak.

Bersamaan dengan pembangunan PLTMG Luwuk ini, kata Dermawan, PLN akan membangun gardu induk (GI) dan saluran transmisi ke arah Luwuk, Toili dan Ampana-Toili.

PLN selanjutnya akan membangun saluran transmisi dari Ampana ke Bunta sehingga sistem kelistrikan Kabupaten Banggai ini akan terintegrasi dengan sistem kelistrikan Sulawesi, katanya.

PLTMG Luwuk ini nantinya akan memanfaatkan sumber gas dari Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

“Dengan memanfaatkan gas tentu PLN juga akan mendapatkan kesempatan efisiensi yang didapat dari pengurangan beroperasinya pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak,” kata Dermawan.

Proyek ini pada tahap pembangunannya akan menyerap tenaga kerja sekitar 150 orang dan pada tahap operasi sekitar 250 orang, kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara Sigit Witjaksono saat peresmian. (san)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SULAWESI UTARA

Sulut Siap Gelar Kejurnas Pacuan Kuda Piala Presiden

Published

on

Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso saat ini telah selesai dilakukan pembenahan serta renovasi atas "track" lintasan.

Apakabarnews.com, Manado – Provinsi Sulawesi Utara siap menggelar kejuaraan nasional pacuan kuda memperebutkan Piala Presiden di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa, Tompaso, Minahasa 15-22 Desember 2018.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas 2018, Edison Humiang, di Manado, Selasa (4/12/2018) mengatakan daerah itu telah siap menggelar kejurnas pacuan kuda Pordasi Piala Presiden.

“Panitia pelaksana telah sepakat menjadikan kejuaraan ini sukses, untuk itu tahapan kegiatan mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi menjadi perhatian,” kata Humiang.

Ia menambahkan gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso saat ini telah selesai dilakukan pembenahan serta renovasi atas “track” lintasan, pagar dan tribun untuk menghadapi Kejurnas itu.

Ketua Harian Pengurus Provinsi Pordasi Sulut, James Waani mengatakan semua peserta Kejurnas Piala Presiden telah berdatangan bahkan ada yang telah tiba di Tompaso.

Seperti kontingen dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Barat.

“Kontingen Pordasi Sulut pada kejuaraan itu akan berupaya tampil maksimal dengan memberikan prestasi terbaik,” katanya. (jmd)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SULAWESI UTARA

Seribu Lebih Warga Manado Terinveksi HIV/AIDS

Published

on

Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS, di Kodim 1309 Manado.

Apakabarnews.com, Manado – Seribu lebih atau tepatnya 1.031 warga Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) terinveksi Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

“Data dari Dinas Kesehatan, hingga Mei 2018 terdapat 1.031 warga terivenksi HIV AIDS,” kata Jhoni S Wuisan, Pengelola Program KPA Kota Manado, usai Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS, di Kodim 1309 Manado, Senin (3/12/2018).

Namun, ia memprediksi jumlah yang terinveksi HIV/AIDS lebih dari itu karena data dari Juni sampai November 2018 masih proses dirampungkan.

Secara umum di Sulut, termasuk Manado, mereka yang terinfeksi paling banyak berasal dari kelompok masyarakat swasta dan wiraswasta.

Sementara populasi kunci khusus seperti PSK, pengguna Narkoba suntik, LGBT, relatif bisa dikendalikan karena ada program untuk kelompok tersebut.

“Seperti penyuluhan, pendampingan penguatan kelompok populasi kunci khusus sementara kepada masyarakat umum agak sulit,” katanya.

Ia mengatakan ke depan, pihaknya telah memprogramkan memperkuat warga peduli HIV/AIDS, melalui pembentukan kelompok warga peduli sampai tingkat kelurahan. Tujuannya memberikan informasi kepada masyarakat tentang HIV/AIDS dan bagaimana mengatasi kalau ada warga yang terinfeksi antara lain jangan didiskriminasi, jangan distigma, dan perlakukan mereka seperti masyarakat biasa.

“Dengan perlakuan seperti itu, membuat semangat mereka naik,” katanya.

Sosialisasi pecegahan dan penaggulangan HIV/AIDS merupakan kerja sama Kodim 1309 Manado, Kawanua Onlioner Comunity (Konco), KPA Provinsi Sulut dan KPA Manado.

Ketua Konco, Cici mengatakan, pihaknya berharap kehadiran Konco dapat memberikan dampak kepada masyarakat luas.

Sosialisasi itu merupakan rangkaian peringatan Hari Aids Sedunia yang jatuh pada 1 Desember 2018. (jmd)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

POLITIK

Sandiaga Mendengar Curhat Pedagang Pasar Bersehati Manado

Published

on

Calon Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pasar Bersehati Manado, Selasa (6/11/2018).

Apakabarnews.com, Manado – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno  menyerap aspirasi para pedagang pasar di Pasar Bersehati Manado, Selasa (6/11/2018). Begitu tiba, Sandi .langsung dikerumuni para pedagang dan pembeli dari permintaan swafoto, bersalaman atau sekadar melihat lebih dekat dengan Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) ini. 

Pedagang pasar bernama Novi, berharap, jika Sandi terpilih memimpin Indonesia bersama Prabowo Subianto, dapat membuat harga beras tidak naik turun seperti sekarang ini. “Saya berharap bapak bisa  bikin beras tidak naik turun,” kata Novi. 

BACA JUGA : Sandiaga Uno Diterima Hangat Di Kantor Sinode Gereja Masehi Injil di Minahasa (GMIM)

Hal senada diungkapkan Ibu  Hajah. Penjual cabe dan sayur mayur, jualannya  kini agak sepi dari pembeli. Sementara Dedi meminta Sandi bisa membatasi jaringan supermarket yang bisa membunuh pasar. “Kalau bisa bapak kurangi supermarket-supermarket itu. Kami kalah bersaing dengan mereka. Saya berharap ini jadi perhatian Pak, juga akses ke pasar diperbaiki. Jangan seperti sekarang, membuat orang malas datang ke pasar karena pintu masuknya kecil, ”curhat Dedi.  

“Saya beberapa bulan ini, selalu mengunjungi pasar dan mendengarkan keluhan yang sama dari pedagang. Yakni  harga stabil dan revitalisasi agar pasar nyaman, tidak becek dan enak didatangi. Inshaa Allah jika diijinkan menjadi pelayan masyarakat Indonesia, saya akan perbaiki dan memenuhi keinginan Ibu Novi, Pak Dedi dan bu Hajah, nanti akan kami beri solusinya,” jawab Sandi. 

Sebelum beranjak dari pasar, Sandi membeli dagangan Bu Hajah dan Novi. Dari Lapak Novi Sandi membeli gula jawa, sementara dari Ibu Hajah, Mantan wakil gubermur DKI ini membeli kemiri. Sandi memberikan uang masing-masing seratus ribu rupiah kepada mereka, “Kembali pak?” Tanya Novi, Sandi  menggeleng. Begitu juga  dengan Ibu Hajah yang tersenyum mendapatkan rejeki pagi. (ver)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending