Connect with us

SULAWESI UTARA

PLN Mulai Bangun PLTMG Luwuk 40 MW

Published

on

Pembagunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkekuatan 40 megawatt (MW) di Desa Nonong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Apakabarnews.com, Jakarta – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara mulai membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) berkekuatan 40 megawatt (MW) di Desa Nonong, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

“Pembangunan PLTMG Luwuk 40 MW ini ditargetkan dapat selesai dan bisa mulai beroperasi secara komersial,” kata Supervisor Humas PT PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara, Dermawan Amir Uloli dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa¬† (3/7/2018).

Ia mengatakan peresmian pembangunan (ground breaking) proyek tersebut telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo bersamaan dengan peresmian operasional tiga pembangkit baru dan tiga “ground breaking” yang dipusatkan di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7/2018).

PLTMG ini, kata Dermawan, akan mulai beroperasi secara bertahap yakni pada triwulan 2019 sebesar 15 MW dan triwulan II 2019 sebesar 25 MW.

Investasi yang ditanamkan dalam pembangunan pembangkit ini Rp521 miliar.

PLN menggunakan mesin Roll Royce dengan kontraktor pelaksana adalah konsorsium PT Barata Indonesia, PT Dalle Engineering Contruction dan PT Mitra Energi Batam.

PLTMG Luwuk 40 MW ini akan memperkuat sistem ketenagalistrikan di Sulawesi Tengah khususnya pada Kabupaten Banggai dan sekitarnya, kata Dermawan.

Pada saat ini, PLN Area Luwuk memiliki 136 ribu pelanggan, dimana daya pembangkit sebesar 28,3 MW dengan beban puncaknya sudah mencapai 25,8 MW.

Dengan masuknya PLTMG Luwuk ini, maka kemampuan pembangkitan sistem Luwuk akan meningkat sebesar 242 persen dan diharapkan dapat mengakomodasi penambahan pelanggan yang lebih banyak.

Bersamaan dengan pembangunan PLTMG Luwuk ini, kata Dermawan, PLN akan membangun gardu induk (GI) dan saluran transmisi ke arah Luwuk, Toili dan Ampana-Toili.

PLN selanjutnya akan membangun saluran transmisi dari Ampana ke Bunta sehingga sistem kelistrikan Kabupaten Banggai ini akan terintegrasi dengan sistem kelistrikan Sulawesi, katanya.

PLTMG Luwuk ini nantinya akan memanfaatkan sumber gas dari Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai.

“Dengan memanfaatkan gas tentu PLN juga akan mendapatkan kesempatan efisiensi yang didapat dari pengurangan beroperasinya pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak,” kata Dermawan.

Proyek ini pada tahap pembangunannya akan menyerap tenaga kerja sekitar 150 orang dan pada tahap operasi sekitar 250 orang, kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara Sigit Witjaksono saat peresmian. (san)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POLITIK

Partai Gerindra Sulut Daftar Bacaleg di KPU

Published

on

Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh.

Apakabarnews.com, Manado – Partai Gerindra Sulawesi Utara melakukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum(KPU) provinsi tersebut, di Manado, Selasa (17/7/2018).

Saat mendaftar dipimpin Ketua Partai Gerindra Sulawesi Utara (Sulut) Weny Lumentut dan diterima Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh didampingi anggota KPU Yessy Momongan, Lanny Anggraini Ointu, Salman Saelangi.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan proses pengajuan daftar calon dilakukan secara transparan.

“Proses pengajuan diawasi Bawaslu dan diliput media,” katanya.

Sementara Ketua Partai Gerindra Wenny Lumentut usai pendaftaran mengatakan proses pendaftaran berjalan lancar.

“Terdapat 45 Bacaleg yang diajukan dan tersebar di seluruh daerah pemilihan(Dapil),” kata Lumentut.

Ia mengatakan partai tersebut manargetkan pada pemilu sebanyak 15 kursi.

Untuk Dapil 1, Dapil 2 dan Dapil 3 masing-masing dua kursi, sedangkan Dapil 3, Dapil 4 dan Dapil 5 masing-masing tiga kursi.

“Sumber daya manusia calon- calon yang kami tetapkan sangat mantap didukung dengan kapasitas betul-betul merakyat,” katanya.

Terkait dengan kuota perempuan, ia mengatakan, mencapai 30 persen, bahkan pada Dapil tertentu lebih 30 persen. (rie)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SULAWESI UTARA

Sulut Meloloskan Tujuh Kuda ke Final Kejurnas

Published

on

Tim Pordasi Sulawesi Utara meloloska tujuh kuda pacu ke babak final pada Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Seri Pertama "Indonesia Derby 2018".

Apakabarnews.com, Manado – Tim Pordasi Sulawesi Utara meloloska tujuh kuda pacu ke babak final pada Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Seri Pertama “Indonesia Derby 2018”, di Salatiga, Jawa Tengah.

Ketua Umum Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Sekretaris I Chris Sondakh, di Manado, Minggu (15/7/2018), mengatakan pada pertandingan yang digelar hari ini, tujuh kuda pacu daerah tersebut menunjukkan prestasi menggembirakan.

“Ketujuh kuda tersebut dapat tampil baik dan lolos ke babak final yang dijadwalkan Minggu (29/7),” katanya.

Tim Pordasi Sulut, di babak penyisihan Kejuarnas Pacuan Kuda Seri Pertama ini mengikuti enam kelas dari delapan kelas yang dilombakan, masing-masing Pemula A/B, Pemula C/D, Remaja, Derby, 4 Tahun A/B, dan 4 Tahun C/D.

Kuda Pacu Sulut yang lolos babak final untuk Kelas Pemula C/D jarak 1.200 M masing-masing kuda Madania Tonsea, Onix Tonsea, Red Taleta,Tagra Floria.

Kelas Remaja 1.600 M kuda Mc. Kinly, Kelas 4 tahun C/D 1.600 M kuda Rhaegar Nagari dan Kelas Derby 1.400 M kuda Bombastis.

Ia mengatakan raihan prestasi pada babak penyisihan ini sudah diprediksi oleh Ketua Umum Pordasi Sulut Ferry Wowor.

Karena di seleksi daerah untuk mengikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Seri Pertama yang dirangkaikan dengan kejuaraan Minahasa Cup awal maret 2018 lalu, capaian waktu kuda pacu yang lolos sangat baik.

Bahkan ada beberapa kuda melewati waktu di Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Seri Pertama tahun 2017 lalu.

Capaian prestasi ini semuanya tidak lepas dari dukungan langsung Gubernur Olly Dondokambey serta Wakil Gubernur Steven Kandouw dan kerja sama tim, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Dalam babak penyisihan ini, Ketua Umum Pordasi Sulut telah memintakan kepada semua anggota tim untuk tampil all out pada setiap kelas yang diikuti walaupun ada kendala pada track lintasan yang pendek,” katanya.

Menurut Sondakh, menghadapi babak nal nanti Ketua Pordasi Sulut Ferry Wowor bersama Ketua Ketua Kontingen Sehan Landjar optimistis akan meraih juara. (jmd)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SULAWESI UTARA

Nelayan Sultra Diminta Waspadi Gelombang Tinggi

Published

on

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengingatkan nelayan agar tetap mewaspadai gelombang tinggi saat melaut.

Apakabarnews.com, Kendari – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Tenggara (Sultra), mengingatkan nelayan di daerah itu agar tetap mewaspadai gelombang tinggi saat melaut Kepala DKP Sultra, Askabul Kijo di Kendari, Minggu (15/7/2018), mengatakan informasi dari BMKG Kendari bahwa tinggi gelombang di perairan Sultra mencapai 2,5 meter.

“Tinggi gelombang tersebut masih membahayakan nelayan, terutama dengan kapal ukuran atau GT kecil,” ujarnya.

Peringatan Dini Tinggi Gelombang tanggal 16 Juli 2018 di wilayah perairan Sultra dan sekitarnya Pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 20.00 wita diprakirakan gelombang 1,25 hingga 2,5 meter.

“Kondisi itu terjadi di Perairan Kepulauam Wakatobi, Perairan Manui-Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Teluk Tolo, Perairan Kepulauam Banggai, dan Perairan Kep Sula,” lanjutnya.

Wilayah perairan itu, kata Askabul merupakan tersebut merupakan areal nelayan Sultra mencari ikan.

“Harapan kita para nelayan tetap memperhatikan kondisi cuaca, jangan paksakan melaut kalau cuaca sedang tidak bersahabat,” tambahnya. (man)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending