Connect with us

NASIONAL

Darmin : Pengumuman Capres – Cawapres Beri Kepastian Investor

Published

on

Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto.

Apakabarnews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pengumuman calon presiden-calon wakil presiden bisa memberikan kepastian kepada pelaku usaha untuk berinvestasi atau menanamkan modal.

“Sekarang sudah jelas. Kalau sudah jelas, semestinya `wait and see`nya akan lebih berkurang,” kata Darmin saat ditemui di Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Darmin menyakini pengumuman calon presiden-calon wakil presiden ini tidak terlalu mengejutkan investor karena sudah diperkirakan sehingga tidak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan.

“Saya kira orang percaya saja, tidak ada yang aneh kan? Kalau ada yang aneh, orang mulai ambil langkah-langkah yang tidak positif,” ujarnya.

Darmin optimistis pelaku usaha akan kembali berinvestasi, meski saat ini merupakan tahun politik, karena pemerintah sudah berupaya memperbaiki iklim berusaha melalui sistem pelayanan terpadu (OSS).

Sistem OSS ini bertujuan untuk mengundang investasi, terutama yang berbasis ekspor atau subtitusi impor, yang dalam jangka panjang bermanfaat untuk menekan defisit neraca transaksi berjalan.

“Fungsi OSS memang kesana (mendorong ekspor), ketika dirumuskan bersama-sama dengan fasilitas perpajakan seperti `tax holiday`, `tax allowance`, mini `tax holiday` dan `super deduction`,” ujar Darmin.

Melalui berbagai kemudahan ini, Darmin mengharapkan kinerja investor kembali menguat pada semester II-2018 agar bisa memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional secara keseluruhan.

“Kita optimistis akan kembali ke angka tujuh persen, walau 70 persen permohonan di sistem OSS adalah merupakan penanaman modal dalam negeri,” katanya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan investasi atau Pertumbuhan Modal Tetap Bruto (PMTB) pada triwulan II-2018 mencapai 5,87 persen, atau sedikit menurun dari triwulan I-2018 sebesar 7,95 persen.

Pertumbuhan investasi ini didukung oleh seluruh jenis barang modal, terutama jenis mesin karena meningkatnya produksi domestik dan impor yang dibutuhkan untuk mendorong pembangunan infrastruktur. (sat)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

NASIONAL

Terbang ke Bali, Prabowo Subianto Hadiri Deklarasi Relawan Emak-Emak

Published

on

Calon Presiden RI 2019, Prabowo Subianto.

Apakabarnews.com, Jakarta – Jelang Pilpres 2019 semua pasangan capres/cawapres melakukan manuver politik guna mendapat simpati masyarakat.

Hal yang sama juga dilakukan oleh calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang rencananya mengunjungi Pulau Dewata, Jumat (19/10/2018) esok.

BACA JUGA : Sandiaga : UKM akan Tingkatkan Perekonomian

Wakil Direktur Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Budi Purnomo Karjodihardjo membenarkan informasi rencana Prabowo ke Bali.

“Memang benar, rencananya pak Prabowo akan menghadiri deklarasi relawan emak-emak yang akan diselenggarakan di Hotel Inna Heritage, Denpasar, esok,” kata Budi Purnomo.

Sementara itu Ketua Bidang Relawan Tim Pemenangan Prabowo-Sandi Bali, Fabian Andrianto Cornellis mengatakan, saat ini mulai bermunculan Relawan Emak-emak Bali, yang terinspirasi oleh kelompok Relawan Emak-emak Binangkit di Jawa Barat.

“Mereka juga tidak mau ketinggalan untuk segera bergerak bergabung bersama komponen relawan lainnya, menyatakan dukungannya kepada capres dan cawapres yang didukung oleh Gerindra PAN, PKS, Demokrat dan Partai Berkarya,” kata Fabian di Denpasar, Kamis (18/10/2018).

Melihat banyaknya animo dari kaum ibu tersebut, pihaknya menyebut Tim Koalisi Adil dan Makmur Bali berkerja sama dengan Relawan Emak-emak Binangkit berinisiatif untuk memfasilitasi silaturahmi antar relawan se-Provinsi Bali.

“Rencananya silaturahmi akan dilaksanakan pada Jumat 19 Oktober 2018 bertempat di Pendopo Hotel Inna Heritage, Jalan Veteran-Kota Denpasar,” ujar Fabian.

Nantinya, silaturahmi akan diawali oleh pembekalan kepada Relawan Emak-emak Bali dari tokoh-tokoh Relawan Emak-emak Binangkit tingkat nasional.

Ia menyebut beberapa diantaranya istri Cawapres Sandiaga Salahudin Uno, Nurasia Uno, Ibunda Sandiaga Uno, Mien Uno, Mantan Isteri Prabowo, Titiek Soeharto, dan Isteri Mantan Cagub Jabar, Mayjen TNI (Purn) Sudrajat, Sally Sudrajat akan hadir sebagai pembicara.

“Hadir diantaranya adalah Ibu Sally Sudrajat, Ibu Mien Uno dan tak ketinggalan Ibu Nurasia Sandiaga Uno yang juga merupakan istri dari Cawapres Sandiaga Salahudin Uno,” papar dia.

Ia melanjutkan, kegiatan silaturahmi Relawan Prabowo-Sandi Bali ini merupakan bentuk konsolidasi sebagian rakyat Bali, untuk menjadi bagian dari pergerakan politik di luar kerangka partai politik koalisi untuk memperbesar perolehan suara pasangan Capres Prabowo dan Cawapres Sandiaga Uno di Pulau Dewata.

“Antusiasme relawan ini menunjukkan bahwa proses pertumbuhan kesadaran berpolitik di masyarakat sudah semakin meningkat, dimana inisiatif gerakan-gerakan politik tidak lagi hanya didominasi oleh partai politik, bahkan justru kelompok relawan-relawan ini akan menjadi ujung tombak pemenangan dalam konstalasi Pilpres 2019,” tuturnya.

Pada puncak acara, relawan Prabowo-Sandi Bali akan mendapatkan kesempatan untuk bertatap muka langsung dan mendengarkan arahan politik dari Prabowo Subianto. Acara ini akan dimeriahkan oleh Sang Alang Band.

“Kami berharap masyarakat Bali bisa mengenal lebih jauh wawasan kebangsaan dan konsep ekonomi kerakyatan yang selama ini digagas oleh Pak Prabowo. Tetapi yang utama diharapkan beliau adalah agar Pilpres 2019 ini bisa menjadi proses demokrasi berbasis edukasi kepada masyarakat dengan nuansa demokrasi sejuk dan bermartabat,” tutupnya. Demikian, seperti dikutip Pusatsiaranpers.com (bny)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

JAWA BARAT

Koalisi Prabowo-Sandi Prioritaskan Kampanye di Pulau Jawa

Published

on

Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019, Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto.

Apakabarnews.com, Jakarta – Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Zulkifli Hasan mengatakan koalisinya saat ini memprioritaskan kampanye Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 di Pulau Jawa.

“Ya tentu prioritasnya adalah Pulau Jawa karena 60 persen suara nasional,” kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (19/10/2018).

BACA JUGA : Sandiaga Uno Runtiah Lado Bareng Amak- Amak, Ekonomi Indonesia Lagi Pedas

Dia menilai siapa yang bisa menaklukkan Pulau Jawa maka dapat dipastikan memenangkan kontestasi Pilpres 2019.

Zulkifli yang merupakan Ketua Umum DPP PAN itu mengatakan di Pulau Jawa terdapat lumbung-lumbung suara seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, Jawa Timur dan Banten.

Namun Zulkifli menegaskan bahwa pihaknya menyasar seluruh wilayah untuk mendapatkan suara sebanyak-banyaknya misalnya di negara yang terdapat jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang besar antara lain Malaysia dan Hong Kong.

Selain itu dia membantah kalau Prabowo jarang turun ke masyarakat karena antara Prabowo dan Sandiaga berbagi tugas.

“Kalau keduanya keliling Indonesia, bagaimana kalau ada tamu yang datang ingin bertemu,” ujarnya.

Zulkifli menilai selama ini Prabowo terus melakukan kerja politik dengan menerima kunjungan tokoh-tokoh namun sifatnya ada terbuka dan tertutup bagi media.

Dia mencontohkan ketika melakukan lobi terhadap seseorang untuk mendukung pasangan Prabowo-Sandi maka itu sifatnya tertutup sehingga tidak bisa diketahui masyarakat luas.

“Jadi ada pekerjaannya itu sifatnya yang tidak terbuka, ada yang bagi dua. Calon wakil presidennya yang jalan,” katanya. (ibl)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

HUKUM

Terbelit Kasus Hukum, BNI Kaji Permintaan Kredit Baru Apartemen Meikarta

Published

on

Direktur Manajemen Risiko BNI, Bob T Ananta.

Apakabarnews.com, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mengkaji permintaan kredit baru untuk pembelian apartemen Meikarta menyusul kasus suap yang membelit proyek milik konglomerasi Grup Lippo tersebut.

Sedangkan untuk kredit apartemen Meikarta yang sudah disetujui BNI akan dikaji mengenai risikonya dan keberlanjutannya, kata Direktur Manajemen Risiko BNI Bob T Ananta di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

“Kami memang mengkaji risikonya bagi yang sudah masuk, meskipun (dari Lippo) ada jaminan buyback (pembelian kembali),” katanya.

Saat ini, BNI menyalurkan kredit pemilikan apartemen (KPA) untuk proyek Meikarta kepada 200 debitur senilai Rp50 miliar.

BNI menyatakan porsi kredit untuk Meikarta masih sangat kecil dibanding kredit pemilikan hunian di BNI yang mencapai Rp32 triliun. Persentase kredit Meikarta di KPR BNI, kata Bob, hanya 0,00001 persen.

Oleh karena itu, Bob merasa, kasus yang membelit Meikarta tidak akan berisiko dan tidak berdampak signifikan terhadap kinerja maupun kualitas kredit BNI.

“(Kredit ke Meikarta) sangat kecil dibanding total KPR yang disalurkan BNI,” katanya.

Direktur Konsumer BNI Tambok PS Simanjuntak menambahkan kualitas kredit debitur yang membeli apartemen Meikarta masih relatif lancar dan belum ada temuan kredit macet.

“Sampai saat ini, bagus kualitas pembayarannya. Kita terus pantau pembayarannya,” ujarnya.

Proyek apartemen Meikarta yang dibangun grup properti raksasa Lippo sedang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga menyuap pejabat Pemerintah Kabupaten Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, untuk mendapatkan izin pembangunan.

Lembaga antirasuah tersebut telah menetapkan sejumlah tersangka termasuk Direktur Operasional Grup Lippo Billy Sindoro dan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin. (iap)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending