Connect with us

SPORT

Ketua Asprov DKI Minta Pemain Timnas U-22 Jauhi Hal-Hal Tidak Baik

Published

on

Para punggawa Timnas Indonesia U-22 bersukacita usai menjadi juara Piala AFF 2019 setelah mengalahkan Thailand 2-1 di final, di Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) malam.

Fokusnews.co.id, Jakarta – Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Asprov PSSI) DKI Jakarta Uden Kusuma Wijaya meminta para pemain tim nasional U-22 Indonesia untuk menjauhi hal-hal tidak baik usai menjuarai Piala U-22 AFF 2019 di Kamboja.

“Jangan terbawa dengan situasi sepak bola yang tidak baik. Mereka harus menolak kegiatan sepak bola yang di luar ketentuan,” ujar Uden kepada Antara di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

BACA JUGA : Walikota dan Musisi Apresiasi Kemenangan Timnas U-22

Untuk melakukan itu, dia melanjutkan, para pemain timnas U-22 juga membutuhkan bantuan dari semua pihak.

Uden pun meminta pihak-pihak yang berkaitan langsung maupun tidak langsung dengan timnas U-22 Indonesia tidak membawa anak-anak muda tersebut ke situasi negatif yang menjerumuskan.

“Jangan kenalkan mereka dengan persoalan yang dapat merusak konsentrasi dan sportivitas mereka,” kata dia.

Tim nasional U-22 Indonesia berhasil menjadi juara Piala U-22 AFF 2019 setelah menaklukkan Thailand dengan skor 2-1 di final yang digelar di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2) malam.

Indonesia berhasil membalikkan kedudukan melalui dua gol dari Sani Rizki (59′) dan Osvaldo Haay (64′). Sebelumnya, Thailand sempat unggul berkat gol Saringkan Promsupa (57′).

Gelar tersebut menjadi satu-satunya kampiun juara Piala AFF, di semua kelompok umur, yang didapatkan Indonesia ketika turnamen berlangsung di luar Tanah Air.

Gelar itu juga menjadi yang pertama bagi Indonesia di Piala U-22 AFF. Sebelumnya, pada edisi pertama tahun 2005 ketika masih ditujukan untuk U-23, Thailand yang keluar sebagai kampiun.

Bagi pelatih timnas U-22 Indonesia Indra Sjafri, ini merupakan gelar keduanya di ajang AFF setelah sebelumnya menjuarai Piala U-19 AFF tahun 2013. (mic)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

SPORT

Timnas U-22 Jalani Uji Coba Kontra Bali United

Published

on

Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria.

Apakabarnews.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Ratu Tisha Destria mengatakan, tim nasional U-22 akan menjalani uji coba kontra tim Liga 1 Indonesia Bali United sebagai persiapan untuk kualifikasi Piala U-23 Asia 2020.

“Kami memutuskan hanya satu laga uji coba saja mengingat waktu yang terlalu mepet karena kualifikasi dimulai pada 22 Maret 2019. Jadwal timnas U-22 di Piala AFF kemarin juga padat, jadi para pemain membutuhkan waktu pemulihan yang panjang,” ujar Ratu Tisha di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Menurut Ratu Tisha, pertandingan tersebut rencananya digelar pada tanggal 17 atau 18 Maret 2019, sesuai dengan periodeisasi program akhir jajaran pelatih.

Adapun para pemain timnas U-22 akan berkumpul untuk menjalani pemusatan latihan (TC) mulai 4 Maret 2019 di Jakarta.

Anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri itu berada di Jakarta selama 10 hari dan setelah itu melanjutkan TC di Bali.

Tanggal 19 Mei 2019 timnas U-22 dijadwalkan berangkat ke Vietnam untuk menjalani kualifikasi.

“Namun kami akan melihat kembali kepastiannya seperti apa. Yang jelas semuanya diatur agar persiapan timnas lebih matang,” kata Ratu Tisha.

Timnas U-22 Indonesia berada di Grup K kualifikasi Piala U-23 Asia 2020 yang digelar di Vietnam. Skuat Garuda Muda satu grup dengan Thailand, Brunei Darussalam dan tuan rumah Vietnam.

Pertandingan pertama Indonesia adalah menghadapi Thailand pada 22 Maret 2019.

Piala U-23 Asia 2020 sendiri akan berlangsung di Thailand pada Januari 2020. Tiga tim teratas di turnamen ini akan langsung lolos ke Olimpiade 2020 di Tokyo bersama Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade.

“Kami harus lolos kualifikasi ini dan melangkah ke Piala U-23 Asia tahun 2020. Mohon doanya agar timnas U-22 terus berjaya usai menjuarai Piala U-22 AFF tahun 2019,” tutur Ratu Tisha. (mic)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SPORT

Egy Maulana Beri Ucapan Selamat untuk Timnas dari Polandia

Published

on

Egy Maulana Vikri.

Apakabarnews.com, Jakarta – Pemain muda Indonesia yang saat ini membela klub Lechia Gdansk Polandia Egy Maulana Vikri langsung memberikan ucapan selamat kepada Timnas U-22 Indonesia yang baru saja menjadi juara turnamen Piala AFF U-22 setelah mengalahkan Thailand di partai puncak

Bertanding di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam (26/2/2019), anak asuh Indra Sjafri menang 2-1 atas tim Negeri Gajah Putih yang merupakan juara bertahan kejuaraan yang cukup bergengsi di Asia Tenggara ini.

BACA JUGA : Kemenpora Apresiasi Indra Sjafri Antarkan Timnas U-22 Juara

“Alhamdullilah terima kasih ya Allah. What a match!! Kalian layak mendapatkannya bro. Selamat!! Sejarah baru tercipta!! Selamat sekali lagi dan enjoy unyuk Juara ini. Next focus target AFC U-22. I love U,” demikian tulis Egy dalam laman media sosial IG-nya.

Egy seharusnya terlibat langsung pada pertandingan Piala AFF U-22 di Kamboja tersebut. Hanya saja salah satu pemain Indonesia yang lagi merumput di Eropa ini tidak mendapatkan izin dari klubnya karena turnamen tersebut tidak masuk kalender FIFA.

Tidak hanya Egy, timnas juga diperkuat oleh Ezra Walian dan Saddil Ramdani. Absennya ketiga pemain andalan ini sempat membuat Indra Sjafri cukup galau. Namun, dengan keyakinan yang tinggi, pelatih asal Sumatera Barat ini memberi kepercayaan kepada pemain lain seperti Witan Sulaiman maupun Sani Rizki Fauzi.

Dengan kekuatan yang ada, Indra Sjafri mampu membuktikan jika timnya tidak kehabisan pemain bintang. Apalagi kemenangan yang diraih timnas di luar kandang tidak seperti yang diraih Timnas U-19 pada Piala AFF U-19 2013 di Sidoarjo Jawa Timur.

Kemenangan ini jelas bisa menjadi pelepas dahaga ditengah minimnya prestasi sepak bola nasional. Apalagi saat ini juga terjadi kemelut dugaan pengaturan skor pertandingan yang diduga banyak melibatkan petinggi PSSI.

Meski saat ini belum bisa meraih hasil terbaik bersama timnas, Egy tetap mempunyai banyak peluang karena bulan depan timnas akan dihadapkan dengan turnamen Piala AFC U-22. Kejuaraan ini juga sudah masuk kalender FIFA. (bay)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

SPORT

Kemenpora Apresiasi Indra Sjafri Antarkan Timnas U-22 Juara

Published

on

Pelatih tim nasional Indonesia U-22, Indra Sjafri.

Apakabarnews.com, Jakarta – Kementerian Pemuda dan Olahraga mengapresiasi “tangan dingin” pelatih Indra Sjafri yang telah mengantarkan tim sepak bola nasional U-22 merebut gelar juara dalam Piala AFF U-22 di Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam (26/2/2019).

“Kami turut senang atas kemenangan Timnas U-22. Kami sangat menghargai langkah pelatih Indra Sjafri dengan sentuhan ‘tangan dingin’-nya untuk tim-tim yang ditangani sehingga jadi juara,” kata Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Selasa malam (26/2/2019).

BACA JUGA : Indra Sjafri : Saya Selalu Beri Kesejukan di Tengah Kepahitan

Timnas U-22 meraih gelar juara Piala AFF U-22 setelah menundukkan tim Thailand 2-1 pada laga final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam.

Dua gol dari Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Ardiles Haay mengantar Indonesia mengubur keunggulan yang sempat dimiliki Thailand melalui Saringkan Promsupa.

Ini kali kedua Indra Sjafri membawa Indonesia juara di tingkat AFF setelah menjuara Piala AFF U-19 2013 silam.

Baca juga: Indra Sjafri: Saya selalu beri kesejukan di tengah kepahitan

“Meskipun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) masih dilanda keprihatinan atas kasus pengaturan skor, pelatih Indra Sjafri mampu membimbing para pemain Timnas U-22 agar tidak terpengaruh dengan kondisi di Tanah Air,” kata Gatot.

Kemenpora, lanjut Gatot, memuji langkah Indra Sjafri yang mampu menjaga pikiran dan mental para pemain agar tetap fokus pada permainan dan laga yang sedang diikuti di Kamboja.

“Kami berharap para pemain tim sepak bola, baik tim U-16, tim U-19, ataupun tim U-22 agar terus berprestasi hingga mereka menjadi para pemain senior atau elit. Prestasi para pemain senior seringkali antiklimaks setelah lepas dari tim-tim usia di bawahnya. Kondisi itu harus menjadi kajian oleh PSSI,” katanya.

Gatot mengatakan para pemain dalam tim-tim U-16, U-19, U-22 masih menampilkan permainan terbaik mereka karena belum banyak menghadapi godaan dibanding para pemain senior. “Mereka masih atlet-atlet yang punya idealisme,” katanya.

Pada babak kedua, tim Thailand masih mempertahankan strategi mereka mencari bola-bola mati hingga akhirnya Promsupa berhasil membawa Pasukan Gajah Putih unggul lewat tandukannya menyambut tendangan bebas pada menit ke-57. Kedudukan 0-1 bagi Indonesia.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, lantaran dalam kesempatan serangan balasan pertama Sani melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti yang sempat membentur pemain bertahan Thailand sebelum mengecoh Korraphat dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-59.

Sukses menyamakan kedudukan, Indra berusaha menambah tenaga segar dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre menggantikan Gian Zola Nasrulloh Nugraha.

Momentum positif bagi Indonesia berlanjut dan Osvaldo kemudian dilanggar di sisi kanan serangan. M. Luthfi yang menghadapi bola mengirimkan umpan lambung yang berhasil disundul Osvaldo untuk memperdaya kiper Thailand dan melesak ke sudut tiang jauh sekaligus membawa Indonesia berbalik unggul 2-1 pada menit ke-64.

Thailand kembali memperoleh kesempatan menytamakan kedudukan, namun tendangan bebas Jedsadakorn Kowngam masih berhasil dijinakkan Awan Setho. (mam)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending