Connect with us

DIGITAL

Dua Aplikasi Besutan Anak Bangsa Masuk Apple Store

Published

on

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Apakabarnews.com, Tangerang – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan bangga karena dua aplikasi besutan siswa lulusan Apple Developer Academy di Indonesia berhasil menembus Apple Store.

“Apa yang dapat saya katakan dari aplikasi yang diperkenalkan para lulusan Apple Developer Academy adalah membanggakan,” kata Airlangga di Tangerang, Banten, Selasa (12/3/2019).

Airlangga optimistis, 166 siswa yang mengikuti inagurasi kelulusan hari ini mampu membuat industri elektronika dan telematika di Indonesia berkembang dengan pesat.

Wakil Presiden Apple untuk Lingkungan Hidup, Kebijakan Publik, dan Sosial Lisa Jackson menyampaikan bahwa aplikasi yang dipaparkan para siswa sangat menginspirasi.

“Sangat menginspirasi melihat konsep aplikasi yang membawa dampak perubahan dari siswa di Developer Academy kami di Jakarta,” ujar Lisa.

Dua aplikasi yang berhasil menembus Apple Store tersebut bernama Helian dan Khairan.

Helian merupakan aplikasi buku catatan medis yang dapat dibagikan yang dirancang khusus untuk perawatan di rumah lanjut usia.

Helian memungkinkan beberapa pengasuh untuk melacak aktivitas sehari-hari, membuat peringatan, dan secara andal berbagi status penting pasien dengan pengasuh lain pada saat mereka membutuhkannya.

Sementara itu Khairan adalah aplikasi untuk membantu komunitas Muslim tunanetra atau yang memiliki gangguan penglihatan untuk menjalani keyakinan mereka secara mandiri dengan mengidentifikasi arah kiblat.

Pada kesempatan tersebut, peserta juga memperkenalkan beberapa aplikasi lain, yakni Koda, yang merupakan aplikasi untuk membantu pelamar kerja berlatih wawancara dalam Bahasa Indonesia dengan umpan balik mengenai kecepatan bicara, kontak mata dan volume suara.

Kemudian aplikasi Nadi, yang membantu menemukan donor darah yang tepat saat keadaan darurat.

Talo, menghubungkan wisatawan dengan jadwal terbatas pada para ahli lokal untuk mendapatkan pengalaman budaya dan menikmati petualangan yang lain dari biasanya.

Terakhir Ainun, yang awalnya dirancang untuk membantu komunitas tunanetra mengenali rupiah, kemudian dikembangkan menjadi aplikasi bagi semua orang untuk mengenali uang palsu menggunakan alat tambahan lampu UV rakitan sendiri. (spg)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

DIGITAL

Google Search Punya Fitur Petunjuk Arah Kiblat

Published

on

Google menyebut fitur untuk Ramadan sebagai Ramadan Box, pengguna dapat mengetik kata kunci "Ramadan" di kolom pencarian Google Search.

Apakabarnews.com, Jakarta – Google memperbarui fitur Ramadan agar pengguna lebih mudah menemukan hasil pencarian yang berkaitan dengan ibadah selama berpuasa, salah satunya adalah petunjuk untuk menemukan arah kiblat.

“Pencarian di Google Search naik 40 persen, informasi penunjang ibadah seperti jadwal salat, arah kiblat, zakat fitrah,” kata Kepala Pemasaran Google Indonesia, Veronica Utami, saat jumpa pers di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Google menyebut fitur untuk Ramadan sebagai Ramadan Box. Pengguna dapat mengetik kata kunci “Ramadan” di kolom pencarian Google Search dan akan menemukan berbagai jadwal salat, artikel seputar puasa, serta fitur mencari arah kiblat.

Untuk petunjuk arah kiblat, Google mengembangkan fitur Qibla Finder berdasarkan teknologi augmented reality (AR).
Pengguna tidak perlu memasang aplikasi khusus untuk melihat arah kiblat dari Google.

Awalnya, pengguna akan diminta mengizinkan Google mengakses kamera. Setelah kamera belakang aktif, pengguna diminta untuk berputar hingga menemukan arah kiblat.

Ketika sudah berada di posisi yang benar, yakni menghadap ke barat, akan muncul gambar Kakbah di layar ponsel.

Menurut Veronica, fitur ini akan terus tersedia meski pun sudah lewat dari bulan Ramadan.

Bukan hanya arah kiblat, Google juga akan menampilkan jadwal salat selama 30 hari bulan puasa berdasarkan data Kementerian Agama. Jadwal itu sudah disesuaikan dengan lokasi pengguna berada.

Fitur Ramadan ini juga berlaku untuk asisten virtual Google Assisstant. Pengguna dapat mengaktifkan alarm melalui kata kunci, misalnya “bangun sahur jam 4”.

Google Indonesia sudah dilatih untuk mengenali bahasa Indonesia ragam informal sehingga mesin mampu memahami kata-kata yang tidak baku, misalnya “bangunin”.

Untuk mengaktifkan bahasa Indonesia di Google Assisstant, buka aplikasi Google dan pergi ke pengaturan/setelan, masuk ke bahasa penelusuran. Pilih bahasa Indonesia di antara opsi yang ada.

Masuk juga ke pilihan “Suara” dan pilih bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. (nat)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Instagram Stories Gandeng Kreator Lokal buat Konten GIF Ramadhan

Published

on

Instagram juga meluncurkan filter bertema "Ramadhan Pertama" untuk seluruh pengguna Instagram Stories di seluruh dunia.

Apakabarnews.com, Jakarta – Membaca tren masyarakat dalam membagi cerita dan berinteraksi dengan orang-orang terdekat melalui Instagram Stories, Instagram meluncurkan GIF baru yang dibuat oleh lima kreator lokal Indonesia.

“Stories adalah fitur yang paling populer di Indonesia. Berbagai pesan, salam dan ucapan melalui Stories paling tinggi di Indonesia. Kita ingin kegiatan ini menjadi lebih menarik dan menyenangkan makanya kita bikin GIF,” kata Putri Silalahi, Communications Manager Instagram Asia-Pacific di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Lima orang kreator yang dipilih oleh Instagram itu adalah The Popo, By Puty, Irfan Nugroho atau yang dikenal dengan Bulletos, Dinda Puspitasari dan Haikal.

Kelimanya membuat GIF berdasarkan kata-kata yang sering disebut atau hal-hal yang biasa terjadi ketika Ramadhan, seperti Sabar, Sahur, Buka ataupun Mohon Maaf Lahir dan Batin.

“Kata sabar itu paling banyak digunakan di Stories. Kita ajak kreator Indonesia ini untuk membuat GIF. GIF ini tersedia secara global, jadi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri juga bisa pakai ini,” ujar Putri.

The Popo mengatakan terinspirasi membuat GIF Sabar karena kata tersebut adalah kunci utama dalam menjalankan ibadah Puasa.

“Yang gue buat cukup simpel, kata sabar adalah yang paling utama di Ramadhan apapun bentuknya, itu adalah kunci sabar. Ngelihat apapun di jalan, harus sabar, mau marah ingat sabar. Lalu ada ikon es teh manis karena itu salah satu minuman yang paling menggoda,” jelas The Popo.

Selain itu, Instagram juga meluncurkan filter bertema “Ramadhan Pertama” untuk seluruh pengguna Instagram Stories di seluruh dunia.

Filter yang diberi nama “Lantern” ini menampilkan ornamen bulan sabit bokeh dan menawarakan pilihan desain saat diketuk. Film “Lantern” bisa digunakan mulai 5 Mei hingga 5 Juni 2019. (mar)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Microsoft akan Hilangkan Password Ratusan Juta Pengguna Windows 10

Published

on

Sejak 2015, Microsoft telah membangun jalur ke dunia yang aman dan tanpa kata sandi dengan Windows Hello.

Apakabarnews.com, Jakarta – Raksasa perangkat lunak Microsoft tidak lama lagi bakal memberlakukan login tanpa kata sandi (password) pada Windows 10 versi mendatang, menyusul telah diperolehnya sertifikasi FIDO2 untuk Windows Hello baru-baru ini.

Dengan sertifikasi FIDO2 Windows Hello, Microsoft menempatkan 800 juta orang pengguna Windows 10 selangkah lebih dekat dengan dunia tanpa kata sandi, kata Yogesh Mehta, manajer grup yang memimpin tim Crypto, Identitas & Autentikasi di Azure Core OS, Microsoft.

Menurut Yogesh, tidak ada yang menyukai kata sandi kecuali peretas. Orang tidak suka kata sandi karena mereka harus selalu mengingatnya. Oleh karena itu, orang cenderung membuat kata sandi yang mudah ditebak, tapi akibatnya ia menjadi target pertama peretas yang mencoba mengakses komputer dan jaringan di tempat kerja korbannya.

Sejak 2015, Microsoft telah membangun jalur ke dunia yang aman dan tanpa kata sandi dengan Windows Hello, yang memungkinkan pengguna Windows 10 di mana saja untuk masuk ke perangkat mereka menggunakan biometrik atau PIN dan meninggalkan dunia kata sandi.

Melanjutkan momentum ini, Microsoft mengumumkan pada November 2018 kemampuan untuk menggunakan Windows Hello atau kunci keamanan FIDO2 untuk masuk secara aman ke akun Microsoft di web, tanpa kata sandi.

Pekan lalu, Aliansi FIDO mengumumkan bahwa dengan peluncuran Windows 10 versi 1903 yang akan datang, Windows Hello telah menggunakan pengautentikasi bersertifikat FIDO2. FIDO, yang kepanjangannya Fast Identity Online, merupakan sebuah badan industri dengan misi mengatasi masalah persandian melalui standar terbuka untuk mendorong teknologi-teknologi lebih aman guna menggantikan kata sandi.

FIDO2 memungkinkan pengembang memanfaatkan protokol dan perangkat berbasis standar untuk memberikan pengguna autentikasi mudah ke layanan online –baik di lingkungan seluler maupun desktop. Secara kolektif, standar ini memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dan aman masuk ke layanan online dengan kunci keamanan yang sesuai dengan FIDO2 dan Windows Hello.

Setiap bulan, lebih dari 800 juta orang menggunakan akun Microsoft untuk mengakses email, memainkan game, atau mengakses file di cloud. Itulah sebabnya, selain sertifikasi FIDO2, Windows 10 versi 1903 akan memungkinkan pengguna versi terbaru Mozilla Firefox untuk masuk ke akun Microsoft mereka atau situs web pendukung FIDO lainnya.

Browser berbasis Chromium, termasuk Microsoft Edge on Chromium, akan segera mendukung kemampuan yang sama.

Microsoft pun mendorong perusahaan dan pengembang perangkat lunak untuk mengadopsi strategi guna mencapai masa depan tanpa kata sandi dan mulai hari ini dengan mendukung alternatif kata sandi seperti Windows Hello bagi pengguna mereka. Untuk detail lebih lanjut tentang penggunaan Windows Hello, bisa dilihat di www.aka.ms/whfb.

Akhirnya, Microsoft Authenticator memungkinkan pengguna mengautentikasi akun Microsoft mereka menggunakan ponsel, bukan lagi dengan kata sandi.

“Dibangun pada teknologi aman yang mirip dengan Windows Hello, Microsoft Authenticator mengemas autentikasi ke dalam aplikasi sederhana di perangkat seluler Anda,” jelas Yogesh dalam pernyataan yang dipublikasikan di blog resmi Microsoft, dikutip Minggu.

Windows Hello, kunci keamanan FIDO2, dan aplikasi Microsoft Authenticator seluler adalah alternatif yang bagus untuk kata sandi. Namun, untuk menciptakan dunia tanpa kata sandi, Microsoft membutuhkan solusi yang bisa dioperasikan dan berfungsi pada semua platform industri serta browser. (sur)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending