Connect with us

DIGITAL

5G Berpotensi Untuk Gaming Online di Indonesia

Published

on

Jumlah langganan data internet akan meningkat seiring dengan harga perangkat seluler yang semakin terjangkau.

Apakabarnews.com, Jakarta – Perusahaan jaringan telekomunikasi Cisco melalui riset terbaru mereka memperkirakan pendapatan operator seluler di Indonesia akan tumbuh ketika mengadopsi jaringan 5G, salah satunya melalui game online.

“5G akan potensial untuk menambah pendapatan dan mendapatkan pelanggan baru,” kata managing Director ASEAN, Service Provider Cisco, Dharmesh Malhotra, saat paparan di Jakarta, Senin.

Cisco dan perusahaan konsultan manajemen A.T Kearney mengadakan riset soal 5G di negara-negara Asia Tenggara berjudul “5G in ASEAN: Reigniting growth in enterprise and consumer markets”, mereka memprediksi adopsi teknologi 5G akan berasal dari konsumen prioritas dan perangkat yang mumpuni.

Jumlah langganan data internet akan meningkat seiring dengan harga perangkat seluler yang semakin terjangkau.

Cisco memperkirakan pendapatan operator seluler ketika menyediakan jaringan 5G untuk pelanggan, baik konsumen maupun perusahaan, secara keseluruhan akan meningkat 9 hingga 12 persen pada 2025.

Salah satu sumber kenaikan pendapatan operator seluler dengan jaringan 5G berasal dari cloud gaming.

“Cloud gaming sangat populer di Indonesia,” kata Dharmesh.

5G menawarkan latensi rendah sehingga pengalaman bermain akan terasa nyata, misalnya, interaksi dengan pemain yang berada di negara lain akan terasa lebih realistis.

Pendapatan operator seluler dari 5G juga bertambah dari segmen 5G untuk konsumen karena pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan jaringan generasi baru tersebut.

Jaringan 5G menawarkan kecepatan yang jauh lebih besar dibandingkan 4G, hingga 50 kali lebih cepat dan 20 kali lebih responsif berkat bandwidth yang lebih besar dan latensi yang lebih rendah. (nta)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIGITAL

Telkomsigma Kuasai Pasar Data Center di Indonesia

Published

on

CEO Telkomsigma Sihmirmo Adi (kanan) menerima penghargaan dari Director Energy & Environment Frost & Sullivan Melvin Leong, dalam Frost & Sullivan 2019 Best Practice Awards untuk kategori Indonesia Data Center Services Provider of The Year, di Jakarta, Rabu (20/11/2010).

Apakabarnews.com, Jakarta – Anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), Telkomsigma membuktikan diri sebagai perusahaan solusi teknologi informasi dan komunikasi (ICT) terbesar di Indonesia sejalan dengan penghargaan yang diraih dari Frost & Sullivan, untuk kategori Indonesia Data Center Services Provider of The Year.

Penghargaan ini diperoleh sebagai bentuk keberhasilan dan komitmen Telkomsigma dalam memberikan layanan data center terbaik bagi pelanggan dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

“Penghargaan 2019 Best Practices Award ini mengindikasikan kepercayaan terhadap konsistensi Telkomsigma dalam memberikan layanan terbaik dan manajemen operasi data center guna menjaga keamanan dan keberlangsungan operasional bisnis pelanggan,” kata CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi, di Jakarta, Rabu (21/11/2019).

Menjajaki 21 tahun Telkomsigma, perusahaan ini menjadi yang pertama terjun sebagai provider layanan data center dengan skema outsource yang berlokasi di Serpong, dimana sebelumnya bergerak di bisnis hardware.

Telkomsigma semakin memperluas kapabilitas layanan data center dengan memiliki tiga data center utama berlokasi di Serpong, Surabaya dan Sentul, juga mengelola 14 data center NeuCentrix yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.

“Kepercayaan pelanggan merupakan faktor penting bagi kami, security dan reliability juga Kesiapan sumber daya manusia profesional menjadi hal fundamental bagi Telkomsigma, sehingga kami menyediakan infrastruktur yang mampu menjamin value kepada industri di Indonesia,” ujar Sihmirmo.

Coverage layanan data center Telkomsigma bukan hanya mencakup colocation, DRC (Disaster Recovery Center) dan working room saja, namun juga backup/restore, batch process, dan remote/smart hands dimana dapat dilakukan set up firewall, konfigurasi, sirkuit testing, dan lain-lain.

Layanan cross connect akan membantu perusahaan untuk monitoring dan mengendalikan aset jaringan, juga mengurangi latensi dan meningkatkan manajemen waktu. Tidak luput juga layanan communication link dan SDN (Software Defined Network).

Melalui Layanan Data Center Professional Services, Telkomsigma akan mendukung perusahaan dalam melakukan data center assessment, konsultasi dan desain, konstruksi, sertifikasi, dan data center managed operation. Lebih dari 250 perusahaan telah memberikan kepercayaannya terhadap Telkomsigma yang menjamin akan keamanan data dan operasional bisnis.

Sertifikat Tier IV Construction Facilities dari Uptime Institute juga membuktikan bahwa layanan Telkomsigma sudah sesuai dengan standar data center tier berkelas internasional, juga data center Surabaya Telkomsigma menjadi pangkalan data satu-satunya di kawasan Asia Tenggara yang menerima Sertifikat Tier III TCOS Gold.

Menghadapi tahun 2020, Telkomsigma siap mendukung baik dari sisi spesifikasi teknis dan SDM dalam kelola managed services operation pada rencana pembangunan data center Telkom Group seluas 6,5 hektar. (roy)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Menkominfo Soroti Keamanan Data Pengguna di Era Digital

Published

on

Dunia telah memasuki era kemudahan akses yang memunculkan kerentanan tindak kejahatan digital, termasuk salah satunya pencurian data.

Apakabarnews.com, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan bahwa keamanan data pribadi pengguna merupakan salah satu hal yang harus terus diberikan perhatian khusus di tengah era digital saat ini.

Dalam sambutannya di peluncuran program “Bangkit by Google”, Johnny menilai UU Perlindungan Data Pribadi (PDP) sangat diperlukan negara dan berperan menjaga kedaulatan negara.

“UU Perlindungan Data Pribadi dan data digunakan untuk kepentingan negara. Mari kita pastikan Indonesia memiliki data centre yang terintegrasi,” kata dia di sela-sela “Google for Indonesia”, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019).

Untuk mendukung rencana tersebut, ia menyebut bahwa pihaknya akan bicara dengan negara-negara sahabat termasuk ahli teknologi untuk memastikan kedaulatan data yang ada di Indonesia maupun secara global.

Selain menyoroti keamanan data pengguna, mantan Sekjen Partai NasDem itu juga mengungkapkan beberapa target yang ingin dicapai pemerintah untuk kemajuan ekosistem dan infrastruktur digital Indonesia di masa yang akan datang.

Mulai dari kecepatan internet, aksesbilitas internet, revolusi jaringan hingga 5G, hingga mempersiapkan talenta-talenta sumber daya manusia yang siap bersaing di era digital.

“(Upaya pemerintah) Mula Palapa ring, menambah fiber optik dan ribuan base station untuk mempersiapkan Indonesia sebagai negara digital. Dan satu lagi, digital talent,” kata Johnny.

“Keterserdiaan digital talent adalah keharusan. Di 2035, digital talent setidaknya 113 juta. Apabila Google mau (membantu) mengembangkan, kita pastikan digital talent terpenuhi,” lanjutnya.

Ia berharap dengan upaya-upaya yang telah ia sebutkan itu dapat meningkatkan jumlah talenta digital atau master teachers di Indonesia yang mampu bersaing secara global. (arn)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

DIGITAL

Ada Fitur Baru di Google Search Indonesia

Published

on

Google Search kini dapat membantu pengguna menemukan momen-momen penting dalam video tertentu.

Apakabarnews.com, Jakarta – Google menghadirkan tiga fitur baru dalam Search atau Penelusuran untuk pengguna di Indonesia, mulai dari memudahkan akses bagi pengguna internet baru hingga alat dan fitur untuk berinteraksi dengan video dan foto.

“Di Google Search, misi kami adalah membantu pengguna menemukan informasi yang relevan ketika mereka membutuhkannya. Produk yang kami miliki dalam Search berfokus pada pengguna baru online,” ujar Product Manager Google Search, Bibo Xu beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

1. Fitur terjemahan di Google Go

Xu mengatakan salah satu tantangan terbesar bagi pengguna internet baru adalah bahasa. Menurut dia, kendala bahasa akan membuat mereka kesulitan untuk menemukan konten yang dapat dikonsumsi.

“Jadi karena itulah yang kami lakukan adalah membawa Google Translate langsung ke “topi pencarian” kami untuk Google Go,” kata Xu.

Saat pengguna mencari artikel, kemudian menemukan artikel berbahasa Inggris, kini tersedia pilihan penerjemahan langsung dalam artikel.

Pengguna cukup mengetuk bagian atas atau “topi” artikel di mana sudah tersedia pilihan bahasa untuk diterjemahkan yakni “Inggris, Indonesia, Lainnya.”

Selanjutnya, setelah opsi bahasa penerjemahan dipilih, fitur baru tersebut secara otomatis akan menerjemahkan seluruh halaman.

Tidak hanya itu, Google juga menawarkan fitur pembaca yang memungkinkan pengguna Google Go untuk mendengarkan halaman web.

Ketika sedang dibacakan, kalimat akan ditandai sehingga pengguna dapat mengikutinya.

“Saat Anda dalam perjalanan menuju suatu tempat, membaca menjadi tidak nyaman untuk beberapa pengguna kami, itu juga merupakan tantangan utama. Jadi, Anda sekarang bisa mendengarkannya,” ujar Xu.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur terjemahan dan pembaca sekaligus. Pengguna dapat menekan tombol putar suara, dan hasil terjemahan seluruh halaman web akan langsung dibacakan.

2. Key Moments

Google Search kini dapat membantu pengguna menemukan momen-momen penting dalam video tertentu.

“Pengguna sangat menyukai konten visual sehingga itu berarti gambar dan itu berarti video. Sebenarnya, Sekitar 95 persen orang Indonesia online untuk menonton video, yang secara signifikan melebihi Amerika Serikat,” ujar Xu.

“Konten teks dan visual sangat berbeda. Jika Anda melihat pada halaman web, Anda memiliki teks, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi yang Anda cari. Tapi, itu sangat sulit dalam video,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Xu mengatakan fitur yang dinamai Key Moments itu dapat membuat video menjadi lebih transparan bagi pengguna, dan pengguna dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dalam video.

Fitur tersebut akan mencantumkan link ke momen-momen tersebut dalam video, berdasarkan penunjuk waktu yang diberikan oleh sang kreator konten di Youtube.

Bagi para kreator yang telah mengunggah videonya ke Youtube, mereka hanya perlu menambahkan penunjuk waktu dalam deskripsi video.

Sementara itu, bagi para partner video lokal lainnya. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menambahkan markup data terstruktur ke konten video.

3. Lens di Google Image Search

Fitur Lens yang kini ada di Google Image Search dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan eksplorasi gambar lebih lanjut.

“Dengan pencarian gambar, apa yang dapat Anda lakukan adalah jika Anda melihat misalnya ruang tamu yang besar ini, tetapi Anda ingin tahu, “di mana saya dapat membeli barang ini“ dengan Lens Anda dapat melihat dengan gepat jenis produk dalam gambar,” kata Xu.

Lebih lanjut, Xu mengatakan pengguna dapat mencari tahu harga, dan bahkan toko yang menjual kursi atau meja dalam foto ruang tamu tersebut.

Contoh lainya, pencarian gambar untuk fesyen sebagai inspirasi berbusana, kini dengan Lens pengguna dapat mengeksplorasi lebih lanjut item fesyen dalam gambar pencarian.

“Jadi, Google kami bergerak menuju informasi visual. Dan Google Translate untuk Google Go adalah sesuatu yang sangat istimewa bagi pengguna dengan cara yang unik,” ujar Xu. (ari)


Media Apa Kabar menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redapakabarnews@gmail.com, dan redaksi@apakabarnews.com, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending