Begini Analisa BMKG Terkait Gempa Besar yang Mengguncang Pantai Fukushima Jepang

  • Whatsapp
Kabid Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono. /Instagram.com/@daryonobmkg

APAKABAR NEWS – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,1 mengguncang sisi Timur lepas pantai Fukushima, Jepang pada Sabtu 13 Februari 2021.

Akibat gempa tersebut, puluhan orang mengalami luka-luka.

Read More

Menanggapi dahsyatnya getaran gempa, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan analisanya sumber gempa berada dikedalaman 54 kilometer.

“Meski gempa ini berpusat di laut, tetapi kedalaman hiposenternya mendekati intermediate sekitar 54 km, sehingga tidak berpotensi tsunami,” ungkap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya, Minggu 14 Februari 2021.

“Karena magnitudo gempa yang cukup besar dengan hiposenternya yang relatif ‘dalam’ menyebabkan spektrum guncangan kuat yang ditimbulkan melanda wilayah yang luas mencapai Kota Tokyo,” sambungnya.

BACA JUGA: Businesstoday.id, media online yang menyajikan beragam berita dan informasi aktual seputar dunia ekonomi dan bisnis.

Selain itu, Daryono menganggap gempa kali ini sebagai gempa susulan (aftershocks) dari gempa yang memicu tsunami dahsyat pada 11 Maret 2011 silam.

Related posts