Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2023, Ketersediaan 10 Komoditas Pangan Strategis di Jakarta dalam Kondisi Cukup

- Pewarta

Selasa, 21 Maret 2023 - 09:09 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta. (Dok. Ppid.jakarta.go.id)

Rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta. (Dok. Ppid.jakarta.go.id)

APAKABARNEWS.COM – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memimpin rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta, terkait kesiapan menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadan serta Idulfitri 1444 H/2023.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 087815557788.

Pasokan bahan pokok pun dipastikan aman.

Rapat itu dilakukan bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pada Senin 20 Maret 2023 di Balai Kota.

Pj Gubernur Heru mengatakan DKI Jakarta memiliki pangsa ekonomi dan inflasi tertinggi terhadap nasional, sehingga perbaikan ekonomi dan pengendalian inflasi DKI Jakarta berdampak signifikan terhadap nasional.

Konten artikel ini dikutip dari media online Ekonominews.com, salah satu portal berita terbaik di Indonesia.

Pada Februari 2023, inflasi DKI Jakarta terendah dibandingkan provinsi lainnya se-Indonesia, sebesar 4,07 persen (year on year/yoy).

“Bapak Presiden telah memberikan arahan kepada pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi, memantau dan menjaga pasokan, serta harga bahan pokok.”

“Terutama jelang Ramadan dan Idulfitri, kami harus memantau dan menjaga laju inflasi tetap terkendali.”

“Untuk itu, kami di Jakarta juga beberapa kali langsung turun ke pasar untuk memantau secara langsung,” kata Pj Gubernur Heru, seperti dikutip dalam rilis PPID DKI Jakarta, Selasa 21 Maret 2023.

Secara historis saat HBKN, komoditas pangan bergejolak terdorong naik, utamanya beras, daging ayam ras, telur ayam ras, aneka cabai, dan minyak goreng.

Berdasarkan perhitungan prognosa Kebutuhan Pangan 2023, diperkirakan menjelang Ramadan 2023 terjadi kenaikan kebutuhan pangan berkisar 3,88 persen-10,70 persen dan menjelang HBKN Idulfitri 2023 terjadi kenaikan berkisar 4,54 persen-14,43 persen.

“Kami memastikan ketersediaan sepuluh komoditas pangan strategis (beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam ras, cabai keriting, cabai rawit merah, bawang putih, bawang merah, gula pasir, dan minyak goreng) saat Ramadan dan Idulfitri dalam kondisi cukup, serta terdapat pada BUMN, BUMD Pangan, pedagang pengecer,” jelas Pj Gubernur Heru.

Ketersediaan gas LPG 3 kilogram saat jelang Ramadan dan Idulfitri juga dalam kondisi cukup.

Untuk memastikan ketersediaan stok dan pasokan dalam jumlah yang aman, TPID Provinsi DKI Jakarta memiliki enam strategi, yakni:

1. Pemantauan Rutin terkait ketersediaan harga dan mutu yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BUMD, Bank Indonesia, serta Satuan Tugas (Satgas) Pangan;

2. Menjaga pasokan pangan yang masuk ke DKI Jakarta, diantaranya melalui kerja sama dengan Pemerintah Pusat dan kerja sama antar pelaku usaha untuk penyediaan dan pendistribusian bahan pangan.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Pemenuhan Pangan Melalui Kerja Sama Antardaerah (KAD) secara Business to Business (B2B) untuk komoditas beras, daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabe dan bawang merah di 36 Kabupaten/Kota di 9 Provinsi;

3. Mengendalikan ekspektasi inflasi melalui Kegiatan Pasar Murah HBKN untuk mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023 dan Gerakan Pangan Murah (GPM) oleh Pemprov DKI Jakarta, Badan Pangan Nasional (Bapanas), BUMD Pangan, Bulog, dan Bank Indonesia. Gerakan Pangan Murah ini dilakukan secara berkeliling dan juga di lokasi tetap;

4. Sinergi dengan Pemerintah Pusat, seperti Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Perum Bulog, ID Food; dan

5. Komunikasi Efektif menggunakan media massa, media sosial dan talkshow oleh anggota TPID diantaranya Bank Indonesia, Perangkat Daerah, BUMD Pangan, Bulog beserta Bapanas dengan tujuan menginformasikan masyarakat kecukupan stok pangan dan mencegah panic buying masyarakat.

Berbagai upaya yang dilakukan ini merupakan wujud komitmen dari Pj. Gubernur Heru untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta dan menjaga laju inflasi terkendali.

“Kami mengimbau warga tetap tenang dan bijak dalam berbelanja karena ketersediaan stok dan pasokan dalam kondisi aman.”

“Warga dapat melihat harga konsumen melalui Info Pangan Jakarta (IPJ) di situs infopangan.jakarta.go.id dan aplikasi JAKI pada fitur Jak Pangan,” ujar Pj. Gubernur Heru.

Jaga Situasi Tetap Aman

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Fadil Imran mengatakan, pihaknya dari jajaran kepolisian akan membantu Pemprov DKI Jakarta dalam melewati suasana bulan suci Ramadan hingga Idulfitri 1444 H, berjalan dengan suasana aman dan tenteram.

“Kami akan mengerahkan para anggota untuk menertibkan warga jika melakukan kegiatan yang mengganggu kenyamanan, seperti berkumpul malam-malam, terutama saat berlangsungnya ibadah tarawih dan sahur on the road (SOTR),” ungkap Kapolda Fadil.

Diharapkan pada bulan Ramadhan, warga umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenteram, serta untuk seluruh warga Jakarta tetap merasakan lingkungan yang aman, nyaman dan kondusif.

Sehingga, Polda Metro Jaya akan aktif membantu Pemprov DKI Jakarta memantau kegiatan keramaian agar tidak mengganggu kenyamanan warga dan menimbulkan potensi kerusuhan.

“Kami akan membantu Pemprov DKI Jakarta untuk menertibkan lokasi hiburan (malam) agar jam operasionalnya bisa disesuaikan.”

“Kita ingin siapapun menghargai aktivitas di bulan Ramadan, sehingga tidak ada yang melanggar Perda,” pungkas Kapolda Fadil.***

Berita Terkait

BNSP dan Kadin Bersinergi: Harmonisasi Sistem Sertifikasi untuk Mutu Pendidikan Vokasi
5 Orang Saksi Diperiksa Polisi Terkait Tewasnya 4 Bocah di Sebuah Kamar di Kawasan Jagakarsa, Jaksel
Polisi Ungkap Kronologi Pelecehan Seksual Kakek Engkong Terhadap Bocah di Depok Hingga Tewas
Kebakaran Landa Kawasan Kuliner Pasar Lama Tangerang, Benteng, Kota Tangerang, 8 Ruko Hangus Terbakar
Sepasang Kekasih Ditangkap Polisi Diduga Buang Bayi Laki-laki di Cakung, Jakarta Timur
Atas Tuduhan Tindak Pidana Pengrusakan, Moe Irwan Rahardja Dilaporkan ke Polda Metro Jaya
Polisi Beberkan Kronologi Insiden Kasat Narkoba Polres Jaktim AKBP Buddy Alfrits Towoliu Tertabrak KA
Suntik Tabung Gas Bersubsidì ke dalam Tabung Gas 12 Kg, Polisi Gerebek Rumah Penjual
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Rabu, 21 Februari 2024 - 15:03 WIB

Total 13 Pemimpin Negara Sudah Ucapkan Selamat ke Prabowo Subianto Atas Keunggulan di Pilpres 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 07:28 WIB

Berdasarkan Poster Viral, Ini Daftar Lengkap Susunan Kabinet Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka

Senin, 19 Februari 2024 - 16:25 WIB

Begini Respons Presiden Jokowi Soal Kesiapan PDI Perjuangan Jadi Oposisi yang Berada di Luar Pemerintahan

Minggu, 18 Februari 2024 - 19:14 WIB

Dubes Dominic Jermey Beri Selamat ke Prabowo Subianto dari Perdaña Menteri Inggris Usai Ungguli Pilpres

Sabtu, 17 Februari 2024 - 09:40 WIB

PM Australia Ungkap Selamat dan Hormat kepada Prabowo Subiianto, Usai Ungguli Hasil Quick Count

Sabtu, 17 Februari 2024 - 07:21 WIB

Jasasiaranpers.com Mengucapkan Selamat dan Sukses kepada Pasangan Prabowo – Gibran di Pemilu 2024

Kamis, 15 Februari 2024 - 15:57 WIB

Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka Unggul Sementara Versi Real Count KPU di Pilpres 2024

Rabu, 14 Februari 2024 - 12:39 WIB

Mengapa Saya Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Republik Indonesia

Berita Terbaru