Kementerian PUPR Optimistis Bendungan Ciawi dan Sukamahi Tuntas 2021

  • Whatsapp
Pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, Jawa Barat ditargetkan rampung pada 2021. /Instagram.com/@kemenpupr.

APAKABAR NEWS – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi, Jawa Barat, untuk pengendalian banjir di Jakarta dan sekitarnya, rampung pada tahun depan.

“Sebagai bendungan kering maka pengoperasiannya akan berbeda dengan bendungan lain, dimana kedua bendungan ini baru akan digenangi air pada musim hujan. 

Read More

Sementara pada musim kemarau, bendungan ini kering,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, 6 Desember 2020.

Menteri Basuki mengatakan bendungan kering (dry dam) di Ciawi dan Sukamahi itu merupakan pertama kali dibangun di Indonesia.

Kedua bendungan ini bukan untuk keperluan irigasi atau air baku, namun meningkatkan kapasitas pengendalian banjir.

Sebagai upaya pemerintah dalam mengurangi kerentanan kawasan metropolitan Jakarta dari bencana banjir, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Kementerian PUPR membangun dua bendungan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu.

Pembangunan kedua bendungan merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir Jakarta yang sesuai kontrak kerja rampung pada 2021.

Related posts