KJRI Hongkong Berikan Dukungan Penuh pada Program Sertifikasi Profesi BNSP

- Pewarta

Jumat, 22 Desember 2023 - 21:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto : Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari, Prof. Amilin, dan NS. Aji Martono Bersama Indonesian Diaspora Network (IDN), dalam rangka Mempererat Kerja Sama Sertifikasi Profesi, Hongkong (21/12/23). (Doc.BNSP)

Foto : Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari, Prof. Amilin, dan NS. Aji Martono Bersama Indonesian Diaspora Network (IDN), dalam rangka Mempererat Kerja Sama Sertifikasi Profesi, Hongkong (21/12/23). (Doc.BNSP)

APAKABARNEWS.COM – Suasana diplomasi di Hongkong kembali dipenuhi antusiasme ketika Delegasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Indonesia, yang dipimpin oleh Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari, bersama Prof. Amilin dan NS. Aji Martono, melakukan pertemuan strategis dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong, Yul Edison, Hongkong (21/12/23).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 087815557788.

Pertemuan yang difasilitasi oleh KJRI Hongkong bukan hanya sekadar untuk memperkuat hubungan bilateral, tetapi juga membuka pintu kerja sama di sektor pelatihan kerja.

Diskusi mendalam terjadi antara delegasi BNSP dan Konsul Jenderal RI untuk Hongkong, membahas langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas sertifikasi profesi di Indonesia, terutama bagi pekerja migran Indonesia yang berada di Hongkong.

Foto : Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari diskusi strategis dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong, Yul Edison, (21/12/23). (Doc.BNSP)
Foto : Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari diskusi strategis dengan Konsul Jenderal Republik Indonesia untuk Hongkong, Yul Edison, (21/12/23). (Doc.BNSP)

Pentingnya sinergi internasional terutama dalam meningkatkan mutu sertifikasi profesi menjadi fokus utama dalam pertemuan ini.

Dengan jumlah Pekerja Migran Indonesia mencapai 147.000 jiwa di Hongkong, BNSP berkomitmen untuk memastikan bahwa sistem sertifikasi profesi mencerminkan kebutuhan dan standar internasional.

KJRI Hongkong, dalam menyambut delegasi BNSP, menegaskan komitmen penuh untuk mendukung upaya BNSP dalam memperkuat sistem sertifikasi profesi.

Pertemuan ini dianggap sebagai momentum penting untuk menjalin sinergi dengan lembaga pelatihan dan pendidikan setempat di Hongkong dan Macau.

Selanjutnya, delegasi BNSP melanjutkan diskusi dengan beberapa Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Hongkong, termasuk TCK Learning Centre For Migrant Workers yang diwakili oleh Prof. Cristopher Drake.

Foto : Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari, Prof. Amilin, dan NS. Aji Martono Bersama Prof Christoper Drake, dalam rangka Mempererat Kerja Sama Sertifikasi Profesi, Hongkong (21/12/23). (Doc.BNSP)
Foto : Ketua Komisioner BNSP, Syamsi Hari, Prof. Amilin, dan NS. Aji Martono Bersama Prof Christoper Drake, dalam rangka Mempererat Kerja Sama Sertifikasi Profesi, Hongkong (21/12/23). (Doc.BNSP)

Diskusi ini melibatkan pihak-pihak yang terlibat aktif dalam memberikan pelatihan kepada pekerja migran Indonesia, seperti Natali dan Jessy dari Indonesia Diaspora Network (IDN), serta Clement Yeung dari HK Society For Indonesian Studies (HKSIS).

Syamsi Hari, Ketua BNSP, menyatakan komitmen BNSP untuk membantu menyelaraskan program pelatihan dengan standar kompetensi yang berlaku di Indonesia.

Sebagai bagian dari upaya ini, BNSP akan meninjau program-program pelatihan yang telah dilaksanakan dan memastikan bahwa skema kompetensinya sesuai dengan standar BNSP.

Selain itu, BNSP berencana untuk memberikan dukungan Tempat Uji Kompetensi (TUK) agar pekerja migran dapat mengikuti uji kompetensi secara langsung.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pekerja migran Indonesia di Hongkong dan mendukung peningkatan standar kompetensi kerja di tingkat internasional.

Di tempat yang sama, BNSP juga bertemu dengan delegasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Ristek Republik Indonesia.

Diskusi yang berlangsung bertujuan untuk memperkuat sinergi antar-lembaga dalam penanganan sertifikasi profesi.

Rangkaian kunjungan ini belum berakhir, karena delegasi BNSP berencana melanjutkan agenda mereka dengan kunjungan ke Macau.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Diskusi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait di Macau dijadwalkan untuk melibatkan berbagai aspek terkait peningkatan standar kompetensi dan kolaborasi di bidang pendidikan dan sertifikasi profesi.

Melalui inisiatif ini, BNSP menegaskan peran strategisnya dalam meningkatkan standar kompetensi kerja Indonesia, sekaligus membuka peluang kerjasama yang lebih luas di tingkat internasional.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pembentukan tenaga kerja yang terampil dan kompeten secara global.

Berita Terkait

Perpecahan di Aparatur Negara Myanmar, Militer Terpecah
Akan ke Tiongkok, Ini yang akan Dibicarakan Presiden Komisi Eropa Urs dan Presiden Prancis
Selamat Terpilih Kembali Kaisar Xi, Xi Jinping Naik Tahta untuk Periode yang Ketiga Kalinya
Peluncuran Rudal Korut Diakui Presiden Kim Jong Un Sebagai Uji Coba Senjata Nuklir
Nancy Pelosi dan Potensi Perang Geopolitik-Ekonomi-Militer China Vs Taiwan
Kerja Sama di Bidang Kemiliteran Mulai Dibahas oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan
Peninggalan Sastrawan Skotlandia di Masa Lampau Bisa Dilihat di Museum Cerita Rakyat Ini
Punya Jasa yang Besar, Megawati Soekarnoputri Dianugerahi Bintang Jasa Negara dari Rusia
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.
Tag :

Berita Terkait

Senin, 8 April 2024 - 11:23 WIB

Berikut Ini Penjelasan Resmi Pihak Bank Indonesia Terkait Soal Uang Pecahan 1.0 yang Viral di Medsos

Selasa, 2 April 2024 - 00:04 WIB

CSA Index: Analisis Terkini tentang Volatilitas Pasar dan Dampaknya Terhadap Kinerja IHSG

Minggu, 17 Maret 2024 - 02:14 WIB

Kontribusi Signifikan: LSP PM dan BNSP Dorong Kepercayaan Investor

Jumat, 15 Maret 2024 - 15:48 WIB

Satgas Pangan Polri Sebut Telah Terjadi Peningkatan Permintaan Beberapa Komoditi pada Bulan Ramadhan

Rabu, 6 Maret 2024 - 09:52 WIB

Bapanas Beri Tanggapan Soal Kenaikan Harga Beras Justru Memukul Petani Sebagai Pihak Produsen

Selasa, 5 Maret 2024 - 11:35 WIB

Pemerintah Berharap Inflasi Volatile Food Turun hingga di Bawah 5 Persen, Inflasi Februari 2024 Terkendali

Senin, 4 Maret 2024 - 10:54 WIB

Gelar Pertemuan dengan Sekjen OECD, Mathias Cormann, Hal Ini yang Dibahas oleh Menkeu Sri Mulyani

Jumat, 1 Maret 2024 - 17:32 WIB

CSA Index Maret 2024: Tren Positif IHSG, Pelaku Pasar Penuh Keyakinan

Berita Terbaru