Menkeu Sri Mulyani Mengklaim Kondisi Pasar Keuangan di Awal Tahun Cukup Baik

  • Whatsapp
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. /Instagram.com/@smindrawati.

APAKABAR NEWS – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa kondisi pasar keuangan pada awal tahun 2021 cukup baik.

“Sentimen positif dan investor asing yang mulai masuk emerging market termasuk Indonesia telah membawa perbaikan di awal tahun,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KITA, di Jakarta, Selasa 23 Februari 2021.

Read More

Menkeu menjelaskan, berdasarkan data IIF capital fliow tracker, inflow asing ke emerging market/EM (negara berkembang) selama Januari 2021 sangat tinggi, mencapai USD53,5 miliar (dalam bentuk Saham USD9,4 miliar dan Surat Utang USD44,2 miliar).

Selain itu, lanjut Menkeu, mayoritas mata uang EM menguat kembali akibat sentimen positif investor terhadap perekonomian global. Indeks bursa EM secara umum juga meningkat seiring mengalirnya modal asing ke EM.

“Secara umum, kondisi fundamental pasar keuangan di Indonesia menunjukan perbaikan yang signifikan dan dalam kondisi baik yang terlihat dari nilai tukar yang stabil, IHSG meningkat dan CDS (credit default swap) cukup rendah,” ujar Menkeu.

BACA JUGA: Halloseleb.com, media online yang menyajikan beragam berita dan informasi aktual seputar peristiwa dunia selebriti dan entertainment.

Menkeu juga mengatakan bahwa kinerja Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia terus membaik dan masih ekspansif di awal tahun.

Related posts