APAKABAR NEWS – Ada sebuah desa di Provinsi Jawa Tengah yang merupakan favorit orang untuk berwisata.

Pada momen-momen tertentu seperti libur lebaran, libur kenaikan kelas, atau libur Nasional, tempat ini selalu dipadati pengunjung.

Jalanan menuju desa ini pun kerap mengalami kemacetan. Tapi hal ini sepertinya tidak menyurutkan semangat orang-orang yang butuh liburan.

Tempat yang dimaksud adalah wisata Guci Tegal. Objek wisata ini berlokasi di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Berada di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes serta Pemalang membuat Guci menjadi sangat terkenal.

Objek Wisata Guci berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut. Suasana dan hawa di sini terasa adem dan sejuk.

Tidak heran banyak orang bahkan rela untuk mencari Hotel di Guci Tegal supaya bisa lebih lama menikmati dan mengeksplorasi wisata rekreasi serta kuliner yang ada di sana.

Apa yang menjadi kelebihan Guci?

Anda yang mungkin baru pertama kali mendengar objek wisata ini perlu tahu kalau Guci terkenal dengan wisata pemandian air panas alaminya.

Jadi air panas yang melimpah ini muncul secara natural, bukan sengaja dibuat oleh masyarakat di sana.

Penggunaan lahan di Objek Wisata Guci terbagi menjadi lima bagian.

Pertama adalah lahan hutan, kedua lahan pemukiman, ketiga lahan pertanian, keempat semak-semak dan terakhir merupakan ladang.

Lahan pemukiman yang ada dimanfaatkan untuk membuat villa, hotel, serta penginapan. Salah satunya adalah Sun Q Ta Hotel Guci Tegal.

Rekomendasi Tempat Yang Wajib Dikunjungi di Objek Wisata Guci

1. Pemandian Air Panas

Ada beberapa pemandian umum yang bisa dicoba yakni Pancuran 13, Pancuran 7, dan Pancuran 5.

Tahukah anda kalau banyak orang percaya bahwa air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran tersebut punya manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Beberapa penyakit yang diyakini bisa sembuh adalah rematik dan penyakit kulit lainnya.

Selain berendam dan bermain air pemandian air panas, anda juga bisa merasakan berendam di sungai yang mengalir.

Hati-hati, anda tidak perlu kaget jika pertama kali menyentuh air tersebut, anda langsung merasakan panas. Maklum, tempat ini memang terkenal dengan air panasnya.

Tenang, anda tidak perlu khawatir karena pada akhirnya kulit anda akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga air tersebut menjadi terasa hangat.

Berendam dan bermain di kolam air hangat membuat badan serta pikiran menjadi lebih rileks dan nyaman.

Terlebih lagi sumber mata air di sini jernih, tidak berwarna, dan yang utama adalah tidak berbau belerang.
Sebaiknya, anda tidak hanya berkunjung sehari kesini.

Masih ada 10 air terjun atau curug di destinasi ini. Salah satunya adalah air terjun Jedor yang terletak di bagian atas pemandian umum pancuran 13.

2. Air Terjun Jedor

Air Terjun Jedor atau Curug Jedor merupakan sebuah curug yang namanya diambil dari salah satu Lurah di Desa Guci yang bernama Jedor.

Jika anda masih belum merasa puas ketika bermain di Pancuran 5 atau Pancuran 13, anda wajib mencoba ke curug yang satu ini.

Mumpung sekalian basah.
Air yang mengalir di Curug Jedor merupakan campuran dari pertemuan air Pancuran 5 dan air Pancuran 13.

Terasa semakin unik karena suhu air dari tiap curug dan pancuran berbeda-beda. Selain itu, air yang berada di sini pun bersih serta segar.

3. Agrowisata

Pada tahun 2005, destinasi agrowisata Guci mulai berkembang dan semakin maju hingga sekarang.

Terdapat buah-buahan khas dataran tinggi disini , namun yang paling terkenal tentu saja Strawberry.

Bagi anda yang suka buah berwarna merah dan memiliki rasa asam segar ini, wajib mencoba untuk memetic langsung strawberry.

Anda bisa menikmati buah tersebut langsung di tempat atau menjadikannya oleh-oleh bagi kerabat.

4. Naik Kuda

Sudah puas berendam? Bagaimana kalau anda mencoba untuk berwisata sedikit. Ada banyak yang menawarkan rekreasi berkuda di objek wisata Guci.

Harga penyewaan kuda yang dibanderol pun tidak terlalu mahal, sekitar 15 ribu hingga 30 ribu untuk seekor kuda.

Anak-anak anda akan belajar untuk menyayangi hewan. Selain itu, keberanian mereka untuk naik kuda sendiri (sambal dituntun oleh pemilik kuda) akan semakin terasah.

Setelah membaca seputar wisata di Guci Tegal, tentu membuat Anda tertarik untuk mengunjungi langsung tempat tersebut, ya!

Segera susun rencana berlibur Anda di Traveloka, mulai dari tiket kereta atau bis, hingga beragam pilihan akomodasi untuk menginap.***