Peluang Serta Tantangan dalam Era Revolusi Industri 4.0

  • Whatsapp
Ancaman terhadap profesi dan lapangan kerja yang sudah ada ialah dapat digantikan oleh mesin yang cerdas. /Pixabay /Gerald

APAKABAR NEWS – Menurut para pakar, sejumlah tantangan dari era Revolusi Industri fase 4.0 dalam seperti istilah populer dari Prof. Klaus Martin Schwab, sesungguhnya dalam era Revolusi Industri pase 4.0 telah menghadirkan lini usaha baru, lapangan kerja baru dan profesi baru.

Sebab bersamaan dengan itu telah lahir pekerjaan sebagai buzzer politik, admin media sosial, juga brand endorser, dan pekerjaan mereka yang disebut dalam istilah influencer.

Read More

Ancamannya pun terhadap profesi dan lapangan kerja yang sudah ada ialah dapat digantikan oleh mesin yang cerdas.

Dalam kondisi seperti itu jelas Revolusi Industri fase 4.0 tidak hanya ditandai oleh mesin dan sistem yang cerdas, namun cakupannya jauh lebih luas karena yang terjadi secara bersamaan dengan terobosan di berbagai bidang revolusi digital.

Era disrupsi teknologi juga merupakan istilah lain dari Industri fase 4.0, karena secara bersamaan itu pula revolusi digital terjadi, ada pula proliferasi komputer dan otomatisasi pencatatan di semua bidang.

Konsekuensinya tentu saja telah melahirkan juga tantangan baru dari Revolusi Industri fase 4.0. Setidaknya yang pertama adalah kesiapan industri. Kedua, tenaga kerja yang terpercaya. Dan ketiga adalah kemudahan pengaturan sosial budaya.

Adapun bagian yang keempat adalah apa yang disebut diversifikasi serta penciptaan lapangan kerja serta peluang dari inovasi Revolusi Industri pase 4.0 itu sendiri yang berbasis ekosistem dan berbasis industri yang kompetitif, investasi dalam teknologi dan integrasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan kewirausahaan.

Related posts