Pemerintah Dinilai Penting untuk Memetakan Potensi Usaha Mikro Berbasis Laut

  • Whatsapp
Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah. /Instagram.com/@luluknurhamidah1.

APAKABAR NEWS – Anggota Komisi IV DPR RI Luluk Nur Hamidah mengatakan, banyak yang bisa dikembangkan dari potensi laut Indonesia.

Ia mendorong agar pemerintah melakukan pemetaan terhadap potensi usaha mikro berbasis pengolahan laut di sejumlah daerah.

Read More

Seperti halnya UMKM Bandeng Duri Lunak New Citra di Semarang yang sudah terbukti bisa menghidupkan ekonomi di tengah masyarakat.

“Penting untuk menjadi pelajaran bersama, sesungguhnya potensi laut kita luar biasa untuk dikembangkan. Maka perlu diatur, apa yang diproduksi dari laut, lalu siapa yang mengolah produksi olahan, jadi dari mulai hulu sampai hilir.”

“Di Semarang ini, ada UMKM New Citra mengajarkan kita untuk menghidupkan perekonomian dengan berbasiskan pengolahan hasil laut,” jelas Luluk saat mengikuti tim kunspek Komisi IV DPR meninjau UMKM New Citra di Kota Semarang, Jateng, Jumat 4 Desember 2020.

Menurut politikus dapil Jawa Tengah IV ini, di daerah-daerah lain juga perlu dipetakan potensi yang perlu dikembangkan berbasis kelautan.

Pemerintah dalam hal ini cukup mendampingi dan memfasilitasi serta mendukung para pelaku UMKM, seperti menyiapkan sarana dan prasarana, kemudian pelatihan dan akses terhadap pasar.

Related posts