Perlu Kolaborasi antar Pemangku Kepentingan untuk Bangkitkan Ekonomi

  • Whatsapp
Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono. /Instagram.com/@ibasyudhoyono.

APAKABAR NEWS – Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada penurunan ekonomi. Meski begitu sudah seharusnya para pemangku kepentingan berupaya untuk kebangkitan ekonomi bagi masyarakat.

Untuk membangkitkan perekonomian di masa pandemi, Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mengungkapkan, kolaborasi antar stakeholder sangat diperlukan untuk menggairahkan kembali roda ekonomi di sektor pariwisata.

Read More

Ibas, sapaan akrab Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu menambahkan, dukungan dari berbagai pihak juga sangat dibutuhkan, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, asosiasi terkait, dan seluruh masyarakat, termasuk para pelaku usaha. 

“Saya pikir, kita semua harus terus berupaya melakukan langkah-langkah mitigasi dan melakukan penanganan seoptimal mungkin untuk membangkitkan perekonomian Indonesia, khususnya Kabupaten,” ungkapnya saat menjadi pembicara dalam acara Bimbingan Teknis Pengenalan dan Promosi Wisata Khusus dengan Penerapan Protokol CHSE/K4 Pada Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Pacitan, Jawa Timur, Kamis 10 Desember 2020

Politisi Partai Demokrat itu juga memaparkan, saat ini faktor penunjang Quality Tourism seperti Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Keberlangsungan Lingkungan (K4) atau CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability) merupakan protokol kesehatan yang harus diterapkan di sektor kawasan pariwisata.

“Logika sederhananya, jika keamanan dan kesehatan terjamin, maka kepercayaan masyarakat akan terbangun, di mana selanjutnya akan berdampak pada pergerakan roda perekonomian yang terus berputar.”

“Perubahan fundamental inilah yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19,” terang Ibas.

Related posts