LBH Hidayatullah Kepulauan Riau Dideklarasikan, Tokoh Ulama KH. Jamaluddin Nur Sampaikan Hal Ini

- Pewarta

Selasa, 14 Juni 2022 - 12:32 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto : Pengambilan sumpah paralegal oleh Direktur LBH Hidayatullah kepada para peserta yang telah sah menjadi Paralegal Hidayatullah.

Foto : Pengambilan sumpah paralegal oleh Direktur LBH Hidayatullah kepada para peserta yang telah sah menjadi Paralegal Hidayatullah.

APAKABAR NEWS – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hidayatullah terus meluaskan kiprahnya. Dengan dideklarasikannya pembentukan dan kepengurusan LBH Hidayatullah di Kepulauan Riau jaringan kerja kembali bertambah. Ahad, 13 Dzulqaidah 1443 (12/6/2022).

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 087815557788.

Pendirian LBH Hidayatullah Kepri ditandai dengan pembacaan deklarasi pembentukannya oleh Ketua Tokoh Ulama Kepri, KH Jamaluddin Nur, yang juga Pembina Pesantren Hidayatullah Batam.

Dalam sambutannya, Jamaluddin Nur menyampaikan pentinganya pelatihan ini diselenggarakan sebagai bekal untuk membantu laju pergerakan dakwah dalam ruang garapan masing-masing, baik sebagai guru, dai maupun pengambil kebijakan dalam luang lingkup Provinsi Kepri ini.

Dengan pemahaman hukum yang konfrehensif, lanjut dia, diharapkan juga akan menumbuhkan kesadaran imparsialitas sehingga dai, ulama, dan guru ngaji tak seenaknya dikriminalisasi.

Penegakan hukum pada mereka pun mestinya dilakukan dengan berimbang, adil, dan beradab.

“Dengan terbentuknya LBH Hidayatullah Kepri ini, masyarakat juga dapat menyampaikan persoalan hukum yang dihadapi dengan harapan tidak ada lagi, ulama, dan dai masyarakat yang mendapatkan perlakuan yang tidak adil,” katanya.

Dirinya pun berkomitmen memberikan support kepada LBH Hidayatullah Kepri bahkan menyatakan akan menfasilitasi kantor khusus.

“Harapannya agar LBH Hidayatullah Kepri bisa memberikan manfaat bagi lembaga dan umat,” tandasnya.

Sebelumnya, selama 3 hari pengurus Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Hidayatullah Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Training Paralegal Satu (I) Dai dan Guru dengan tema “Menyiapkan Dai dan Guru sebagai Paralegal untuk Membangun Kepulauan Riau yang Bermartabat dan Berkeadilan”.

Dalam kesempatan itu, KH Jamaluddin Nur menyampaikan rasa bangga dan gembira atas adanya pelatihan paralegal dan juga dibentuknya LBH Hidayatullah Kepri yang diharapkan dia semakin menguatkan peran keumatan Hidayatullah di bidang hukum.

Hadir dalam kegiatan ini 3 orang narasumber dari Lembaga Bantuan Hukum Hidayatullah Pusat yaitu Dr. Dudung A. Abdullah, Agus Gunawan, S.H, M.Pd, Fahrul Ramadhan, S.H, M.Kn,.

Ditempat yang sama, Direktur LBH Hidayatullah Dr. Dudung A. Abdullah dalam keterangannya mengatakan, kegiatan pelatihan ini guna membekali dai di Kepulauan Riau.

Dengan pengetahuan dasar hukum dan hak asasi manusia yang dapat melindungi haknya dalam melakukan perjuangan ditengah masyarakat, sehingga mampu membuat solusi atau strategi dalam penyelesaian kasus-kasus yang berhadapan dengan hukum.

Selain itu, kegiatan yang digelar intensif 3 hari ini diharapkan memberikan keterampilan dalam melakukan advokasi yang berkaitan dengan penerapan norma-norma hukum.

Serta dapat membentuk jaringan antar Paralegal lintas sektor dan membentuk posko- posko Bantuan Hukum, sehingga dapat menjadi “unit reaksi cepat” atau menjadi pertolongan pertama pada kasus dan atau kejadian yang mereka hadapi.

“Dalam upaya meningkatkan kemampuan masyarakat umum, khususnya dai dan aktifis keagamaan yang berada di tengah masyarakat, sudah seyogyanya mereka diberikan pengetahuan dasar tentang hukum dan hak asasi manusia,” pungkasnya.

Seremonial dalam acara penutupan diantaranya pengambilan sumpah paralegal oleh Direktur LBH Hidayatullah kepada para peserta yang telah sah menjadi Paralegal Hidayatullah.

Masih dalam rangkaian acara, dilakukan pelantikan pengurus LBH Hidayatullah Kepri, serta penanda tanganan MoU kerjasama pengabdian masyarakat antara Institut Agama Islam Abdullah Said (IAIAS) Batam dengan LBH Hidayatullah. ***

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berita Terkait

KPK Periksa Menteri Sakti Wahyu Trenggono, Kasus Kerja Sama PT Telkom dengan PT Telemedia Onyx Pratama
Polindra, Siapkan Generasi Emas di Era Society 5.0
Bentuk Tanggung Jawab Moral Peretasan PDNS, Semuel A Pangerapan Mundur dari Dirjen Aptika Kominfo
Sertifikat Lisensi BNSP untuk LSP IKEPAMI, Dukung Peningkatan Kualitas SDM Pasar Modal
Syahrul Yasin Limpo Dituntut 12 Tahun Penjara Terkait Kasus Dugaan Pemerasan dan Gratifikasi di Kementan
Menteri Bahlil Lahadalia Sebut Almarhum Tanri Abeng Adalah Sosok Senior yang Sering Membantunya
Tanri Abeng Meninggal Dunia, Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Sosok yang Berjasa Besar untuk Negeri Ini
Kementerian Agama Dituding Langgar kesepakatan dalam Rapat Kerja dengan DPR Terkait Jumlah Kuota Haji
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Jumat, 28 Juni 2024 - 19:37 WIB

Empat Hari Pelatihan Auditor Sistem Manajemen Mutu, BNSP Berhasil Tingkatkan Kompetensi 40 Peserta LSP

Senin, 24 Juni 2024 - 19:21 WIB

BNSP Gelar Diskusi Panel di Rakor LSP P2 UPTP, Fokus pada Kebijakan dan Strategi Sertifikasi Kompetensi

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:56 WIB

Peran Penting LSP Pustakawan Dalam Menyelenggarakan Sertifikasi Kompetensi Bagi Profesi Pustakawan

Sabtu, 11 Mei 2024 - 19:01 WIB

Ketua BNSP Dukung Penuh Acara Halal Bihalal & Webinar Master Asesor oleh PMAI

Kamis, 9 Mei 2024 - 17:51 WIB

Forum Komunikasi LSP ASTRA Group Jadi Sorotan dalam Diskusi dengan BNSP

Kamis, 25 April 2024 - 13:12 WIB

BNSP: Universitas Pertahanan RI Terima Sertifikasi Licensi dari BNSP

Selasa, 16 April 2024 - 21:19 WIB

Diskusi Strategis: Peran PROPAMI dan LSP Pasar Modal dalam Industri Keuangan di BNSP

Selasa, 16 April 2024 - 06:21 WIB

Menjalin Kerjasama: LSP Perbankan dan Asosiasi Bersatu di BNSP untuk Merayakan Idul Fitri

Berita Terbaru

Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G dapat dibeli di Blibli.com dengan cicilan 0% yang ditawarkan Blibli sebagai bagian dari perayaan ulang tahun mereka. (Dok. Blibli)

Lifestyle

Xiaomi Redmi Note 12 Pro 5G, Semakin Layak Dibeli

Senin, 22 Jul 2024 - 15:40 WIB

Adidas Samba. (Dok. Blibli.com)

Lifestyle

Rekomendasi Adidas Samba: Sejarah dan Pilihan Terbaik di Blibli

Jumat, 19 Jul 2024 - 19:41 WIB