Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 13 April dan Idul Fitri di 13 Mei 2021

  • Whatsapp
Muhammadiyah telah menerbitkan maklumat tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah. /Pixesl.com/Burak K.

APAKABAR NEWS – Dua bulan sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menerbitkan maklumat tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Dalam maklumat tersebut, Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan atau awal puasa tahun ini jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

Read More

“1 Ramadhan 1442 H jatuh pada hari Selasa Wage, 13 April 2021 M,” demikian isi maklumat tersebut, Rabu 10 Februari 2021

Penetapan ini didasarkan pada hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Dengan metode hisab atau penghitungan astronomis, Muhammadiyah mengetahui lebih dulu tanggal awal bulan Hijriah.

Hal ini berbeda dengan metode manual yang dipakai pemerintah yaitu ru’yatul hilal atau melihat langsung awal bulan dengan teleskop, kemudian ditetapkan dalam sidang di Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam perhitungan Muhammadiyah, pada 12 April 2020 tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta, hilal (bulan sabit) sudah wujud. Dan di seluruh Indonesia pada saat matahari terbenam itu, bulan sudah di atas ufuk. Artinya, besoknya adalah bulan baru dalam kalender Islam.

Demikian, seperti dikutip Akuratnews.com dalam artikel Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 13 April dan Idul Fitri di 13 Mei 2021

Related posts