Home / Nusantara

Kamis, 26 November 2020 - 16:04 WIB

Wagub Uu Ingin Pilkada Jawa Barat 2020 Bisa Sukses Tanpa Ekses

APAKABAR NEWS – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan pilkada sehat di delapan kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak. 

Demikian dikatakan Kang Uu yang juga Wakil Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar saat menjadi narasumber webinar “Penegakan Protokol Kesehatan pada Pilkada Serentak Tahun 2020” dari Hotel Grage Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan, Selasa, 24 November 2020.

Baca Juga:  Soal Kabar Adanya Gempa dan Tsunami Besar di Jabar, BMKG Beri Penjelasan

Seperti diketahui, delapan daerah menggelar pilkada serentak yakni Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, Pangandaran, dan Kota Depok. Tahapan pilkada sudah dimulai dan sekarang sedang masa kampanye, sementara pencoblosan akan dilakukan 9 Desember 2020. 

Menurut Kang Uu, Pilkada Sehat merujuk pada pelaksanaan pesta demokrasi dengan protokol kesehatan 3M plus tidak berkerumun di semua tahapan mulai dari proses administrasi, kampanye, masa tenang, pencoblosan, hingga penghitungan suara. Pilkada Sehat juga berarti tidak terjadi klaster baru COVID-19 atau lonjakan penularan yang mencolok.

Baca Juga:  Catat Daerahnya, Zona Merah Kasus Covid di Jabar Bertambah Menjadi 8 Daerah

“Sejauh ini sebagian tahapan sudah dilaksanakan dengan baik. Tinggal tahapan selanjutnya termasuk pencoblosan,” ungkap Kang Uu. 

Sosok yang juga Panglima Santri ini meminta kerja sama semua stakeholders mulai dari peserta, penyelenggara, pengawas, partai politik, tim sukes dan simpatisan, hingga forkopimda. Kerja sama ini penting guna membangun visi bersama pilkada yang bebas COVID-19. 

Baca Juga:  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Datangi Bareskrim Polri

“Kepada panwas atau bawaslu agar selain memberi pengawasan kepada hal- hal teknis terkait pelaksanaan pemilihan umum, juga ditambah harus sesuai peraturan KPU baru yaitu adanya pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan,” tambahnya. 

Share :

Baca Juga

Nusantara

4 Orang Nelayan dari Aceh Timur Dipulangkan ke Tanah Air, Sempat Ditahan Maritim Thailand

Nusantara

Kemendikbud Pastikan akan Buka Hotline Khusus Pengaduan Tindakan Intoleran

Nusantara

Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Gucang Kecamatan Obi di Halmahera Selatan, Maluku Utara

Nusantara

Tetap Waspada, Ini Kawasan Sulut yang Juga Rasakan Guncangan Gempa M7,0

Nusantara

Pembelajaran Tatap Muka Harus Utamakan Keselamatan Siswa

Nusantara

Gudang Rokok Djarum dan Sampoerna di Cilacap Menjadi Sasaran Patroli Tiga Pilar

Nusantara

Gerindra Ajak Masyarakat Tetap Berdiri Teguh di Tengah Pandemi Covid-19

Nusantara

Pasar Legi Resmi Beroperasi, Begini Cerita dan Kegembiraan Pedagang Pasar di Kota Surakarta